Saturday, February 25, 2017

Memangnya England dan Great Britain Itu Beda, Ya?

England, atau versi Indonesianya, Inggris, biasanya lebih lekat diingatan kita. Lalu, kita juga mengenal UK, kepanjangan dari United Kingdom, lalu Great Britain atau versi Indonesianya, Britania Raya. Terkadang, kita bingung atau bahkan menganggap semuanya sama saja. Apa benar England, UK, dan Great Britain itu sama?

Jawaban sebenarnya adalah sama dan tidak sama. Memang kita lebih suka bilang negara yang ibukotanya London itu sebagai Inggris. Tapi sebenarnya ada sedikit perbedaan.

Seperti yang dijelaskan oleh Peer tanyaan, England merupakan sebuah negara bagian dari United Kingdom. Sekedar menambah informasi, negara bagian ini memiliki penduduk paling padat daripada negara bagian lainnya. Kembali ke masalah bedanya England, UK dan Great Britain, England merupakan salah satu negara bagian yang bergabung dalam persatuan kerajaan Britania yang disebut United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland. Namun, karena nama resminya terlalu panjang kita boleh memendekkannya dengan sebutan United Kingdom atau singkatannya UK saja.


Sumber foto: www.visualnews.com

Sedikit mundur ke masa lampau, Great Britain sendiri sebenarnya adalah persatuan kerajaan England, Scotland dan Wales yang dibentuk pada tahun 1707. Dengan sistem pemerintahan monarki ini, mereka bergabung dan membuat kerajaan tunggal yang pusat pemerintahannya berada di Westminster, London. Jadi, selain ada Queen of England, Elizabeth, disana juga ada King of Wales dan raja dan ratu dari negara bagian di Great Britain. Kemudian, karena bergabungnya Kerajaan Irlandia pada tahun 1801, Great Britain berubah nama menjadi United Kingdom of Great Britain and Ireland. Akan tetapi, pada tahun 1922 negara bagian Irlandia terpecah menjadi Republik Irlandia dan Irlandia Utara. Republik Irlandia memutuskan untuk keluar dari persatuan kerajaan, sementara Irlandia Utara masih tetap bergabung dengan UK, sehingga nama resminya diubah menjadi United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland hingga sekarang.

Lalu, bagaimana dengan benderanya?

Seperti yang kita tahu, bendera resmi United Kingdom adalah Union Jack, atau yang sering kita bilang bendera silang-silang merah yang ada putihnya dengan warna dasar biru. Bendera itu sebenarnya corak gabungan dari bendera negara bagian England, Scotland dan Nortern Ireland yang ada di United Kingdom. Sementara di masing-masing negara bagian memiliki benderanya sendiri. Ya, bendera negara bagian UK yang kita tahu mungkin cuma England karena simpel, hanya tanda palang merah dengan warna dasar putih. Tapi, tunggu dulu. Kenapa bendera negara bagian Wales tidak dicantumkan di bendera resmi UK? Itu karena bendera tersebut diciptakan pada tahun 1606 dengan motif naga yang tidak bisa digabungkan. Kalau digabungkan, pasti bendera resmi UK nggak seindah yang kita lihat sekarang.

Sumber foto: gdblogs.shu.ac.uk


Sekarang kita tahu membedakan antara England (Inggris), Great Britain (Britania Raya) dan United Kingdom. Intinya, England adalah negara bagian dari United Kingdom dan Great Britain adalah gabungan antara Kerajaan England, Scotland dan Wales. Karena Irlandia Utara bergabung juga, Great Britain diubah menjadi United Kingdom. Hm, membicarakan negara ini bikin pengen jalan-jalan kesana, ya. Semoga terwujud dan terima kasih telah membaca.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html