Friday, February 03, 2017

Bagaimana Terbentuknya Istilah Indonesia?

Pernahkan kita terpikir mengapa nama negara kita sendiri Indonesia dan dari manakah kata Indonesia itu berasal? Apakah hanya kebetulan dicetuskan saja oleh seorang pejuang bangsa kita ataukah ada sejarah panjang dalam nama negara yang kita cintai ini?

Credit photo: fotolia.com

Sebenarnya dahulu negeri kita lebih dikenal dengan sebutan Hindia Timur atau Hindia Belanda. Disebut Hindia Belanda bukan hanya karena negeri kita saat itu sedang dijajah bangsa Belanda, tapi juga untuk membedakan daerah Hindia jajahan Inggris yang sekarang menjadi negara India. Nama Indonesia sendiri baru populer di abad 19 dan pertama kali digunakan saat lahirnya Sumpah Pemuda pada tahun 1928. Kemudian, pada tahun 1945, nama Indonesia digunakan sebagai nama negara kita saat Presiden Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Kata Indonesia sendiri muncul dengan sejarah yang panjang. Douwes Dekker, atau yang lebih dikenal dengan nama Multatuli, pernah mengusulkan nama Insulinde, yang mengandung arti “Kepulauan Hindia”, untuk nama tanah air kita. Namun, nama itu tidak populer. Kemudian, pada tahun 1850, seorang ahli etnologi asal Inggris, George Samuel Windsor Earl menulis dalam artikel ilmiahnya bahwa sudah saatnya kepulauan Hindia Timur memiliki nama khas tersendiri. Earl mengajukan dua pilihan nama yang berhubungan dengan ras Melayu khas Asia Tenggara, yaitu Malayunesia dan Indunesia.

Kemudian, James Richardson Logan, seorang ahli etnologi juga, menulis artikel ilmiah tentang kepulauan Hindia. Logan mengutip tulisan George Samuel Windsor Earl, kemudian Logan menggunakan istilah Indunesia dalam tulisannya dengan mengganti u dengan o agar lebih mudah diucapkan. Kemudian, istilah Indonesia dipakai Logan untuk artikel-artikel ilmiahnya. Mungkin Logan tidak menyadari bahwa istilah yang digunakannya akan menjadi terkenal kedepannya. Kata Indonesia pun akhirnya menyebar di kalangan cendikiawan bangsa Belanda dan bangsa Hindia Timur dan terus populer digunakan hingga menjadi nama negara kita.


Begitulah asal usul nama negara kita, Indonesia. Semoga tulisan ini bisa menambah pengetahuan kita dan menambah kecintaan kita terhadap negara kita ini. Bagikan tulisan ini agar teman-teman kita tahu secuil sejarah Indonesia. Dan seperti biasa, terima kasih telah membaca.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html