Friday, April 28, 2017

10 Bahasa Paling Banyak Digunakan Di Dunia (Berdasarkan Jumlah Native Speaker)

Coba sebutkan, berapa bahasa yang ada di dunia ini? Pasti kita akan memutar otak untuk menjawabnya karena begitu banyaknya bahasa yang ada di muka bumi ini dari bahasa resmi masing-masing negara yang ada di dunia sampai bahasa daerah yang ada di dunia. Berdiskusi tentang bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, kita bisa mengukurnya dengan dua cara. Yaitu dengan menghitung berapa banyak native speaker atau penutur aslinya dan cara kedua adalah menghitung berapa banyak jumlah total penuturnya, termasuk sebagai bahasa keduanya.

ilustrasi: shutterstock.com

Pertama, kita akan membahas berdasarkan jumlah native speaker-nya. Menurut tanyangan di LangFocus, urutan 10 bahasa yang paling banyak berdasarkan penutur aslinya adalah:

1. Bahasa Mandarin
Bahasa Mandarin digunakan lebih dari 900 juta native speaker. Jumlah tersebut menjadikan bahasa Mandarin sebagai bahasa yang memiliki paling banyak penutur. Bahasa ini merupakan bahasa yang paling banyak ditutur dari beberapa jenis bahasa Cina. Ya, bahasanya orang Cina itu banyak jenisnya seperti bahasa Kanton yang dipakai di Hongkong dan bahasa lainnya. Bahasa Mandarin merupakan bahasa resmi di Cina dan Taiwan.

2. Bahasa Spanyol
Bahasa Spanyol memiliki sekitar 400 hingga 470 juta penutur asli. Sebelumnya, bahasa Inggris berada di peringkat kedua. Namun jumlah penutur asli bahasa Spanyol meningkat tajam daripada penutur bahasa Inggris dari tahun ke tahun, meskipun bahasa Inggris adalah bahasa internasional.

3. Bahasa Inggris
Bahasa Inggris memiliki sekitar 360 juta native speaker. Buat yang bingung kenapa jumlah penuturnya terlihat sedikit sementara bahasa Inggris adalah bahasa internasional, native speaker adalah penutur asli bahasa tertentu yang maksudnya adalah seseorang yang bisa berbahasa Inggris fasih kayak kita belum tentu menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari sebagai  bahasa utama atau sebagai bahasa ibu, atau istilah linguistiknya first language (L1). Karena kebanyakan kita menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua (L2).

4. Bahasa Hindustani (Bahasa Hindi dan Urdu)
Ada sekitar 355 juta native speaker bahasa Hindustani, yang tersebar di India dan Pakistan. Tunggu, bahasa Hindi dan Urdu kan berbeda? Ya, berdasarkan tulisan, bahasa Hindi yang digunakan di India tampak berbeda dengan bahasa Urdu yang digunakan di Pakistan. Namun, secara spoken atau berbicara, bahasa Hindi dan bahasa Urdu adalah satu bahasa. Unik, ya? Satu bahasa, beda writing system-nya.

5. Bahasa Arab
Bahasa Arab mempunyai native speaker sekitar 293 juta orang. Bahasa Arab mempunyai banyak dialek yang terkadang susah dimengerti akan tetapi bahasa Arab juga memiliki bahasa Arab standar yang menyatukan seluruh dialek bahasa Arab yang digunakan.

6. Bahasa Portugis
Ada sekitar 215 sampai 225 juta orang native speaker bahasa ini. Mungkin ada yang kaget karena negara Portugal itu kecil dan tidak kelihatan banyak penduduknya sementara penutur bahasanya banyak. Jangan lupakan kalau bahasa Portugis adalah bahasa resmi di Brazil yang penduduknya lebih dari 200 juta orang.

7. Bahasa Bengali
Mungkin bagi kita bahasa ini jarang atau bahkan ada yang belum pernah dengar. Bahasa Bengali adalah bahasa yang digunakan di Bangladesh dan beberapa provinsi di sebelah timur India. Bahasa ini memiliki native speaker sekitar 206 juta orang.

8. Bahasa Rusia
Bahasa Rusia memiliki native speaker sebanyak 155 juta orang.

9. Bahasa Jepang
Jumlah native speaker bahasa Jepang adalah 126 juta orang.

10. Bahasa Punjabi
Jumlah native speaker bahasa ini sekitar 102 juta orang. Bahasa ini sering digunakan di Pakistan dan India bagian barat. Bahasa Punjabi juga merupakan bahasa tutur yang paling banyak digunakan di Pakistan walaupun bahasa resmi Pakistan adalah bahasa Urdu.


Nah, inilah daftar 10 bahasa yang paling banyak ditutur di dunia berdasarkan native speaker atau penutur asli yang menggunakan bahasa tersebut sebagai L1-nya. Keadaannya akan berubah jika kita mengurutkan bahasa-bahasa diatas berdasarkan total jumlah penggunanya di seluruh dunia, yang akan dibahas di postingan selanjutnya.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html