Friday, March 03, 2017

Negeri dan Negara, Sama Nggak Sih Artinya?

Pastinya kita sudah sering mendengar dua kata diatas, negeri dan negara. Apalagi, kita memang hidup di sebuah negara. Sebagai warga negara di negeri yang kita cintai ini, tentunya hidup kita akan bermakna jika kita berkontribusi dan mengabdi demi kemajuan negeri kita. Nah, biasanya kita menjumpai penggunaan kata negeri dan negara sekiranya seperti itu. Tapi, sebenarnya sama nggak sih makna dua kata tersebut?

Ternyata, menurut Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud, negeri dan negara memiliki arti yang berbeda. Meskipun yang dimaksud atau ditujukan itu sama, tetapi kedua kata tersebut memiliki perbedaan makna dalam konteksnya. Negara memiliki arti yang berkaitan dengan hal-hal bersifat politis. Dalam KBBI sendiri negara berarti organisasi dalam suatu wilayah yang memiliki pemerintahan dan ditaati rakyatnya. Sementara itu, negeri lebih menekankan kepada letak geografis tempat tinggal suatu bangsa, atau bisa bermakna kampung halaman. Sehingga, makna kata negeri hanya sebatas wilayah saja.

Akan tetapi, masih sering kita mendengar hal-hal atau instansi yang diurus oleh negara namun dalam penggunaan istilahnya masih memakai  kata negeri. Contohnya saja, pegawai negeri, sekolah negeri dan perguruan tinggi negeri. Jika memang institusi itu diurus oleh negara, seharusnya pegawai negeri menjadi pegawai negara, sekolah negeri menjadi sekolah negara dan perguruan tinggi negeri menjadi perguruan tinggi negara. Walaupun demikian, mungkin saja kalau ditelaah maknanya juga berkaitan dengan lokasi atau letak geografis dimana si pegawai negeri, sekolah negeri dan perguruan tinggi negeri itu berada.


Sumber foto: Alienco.net

Selain negeri dan negara, ada satu kata lagi yang kita juga bingung membedakannya, yaitu bangsa. Apa makna dari kata bangsa? Pengertiannya adalah sekelompok masyarakat yang memiliki latar belakang yang sama. Latar belakangnya itu berkaitan dengan asal, keturunan, adat, bahasa, budaya dan sejarahnya. Bangsa juga diartikan sebagai sekelompok masyarakat yang memiliki kesamaan dan punya pemerintahan sendiri. Maknanya hampir sama ya dengan negara?

Tidak juga. Jika dicermati sedikit lagi, penggunaan kata bangsa hanya menekankan kepada sekelompok orangnya. Sedangkan kata negara lebih menekankan pada pemerintahannya. Bahkan menurut sebuah artikel, kata bangsa dan negara mempunyai derajat yang berbeda. Negara mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bangsa, karena negara berhak mengatur bangsa yang ada di dalam suatu negara, karena negara adalah pemerintahannya si bangsa. Selain itu, sebuah negara sudah tentu berisi suatu bangsa atau kumpulan bangsa-bangsa, dan sebuah bangsa belum tentu mempunyai atau membentuk suatu negara.

Demikian pembahasan tentang perbedaan negeri dan negara, serta bedanya juga dengan bangsa. Terkadang membedakan satu istilah dengan istilah lainnya susah-susah gampang, ya, apalagi menjelaskannya. Ada yang mau menambahkan? Terima kasih.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html