Sunday, March 05, 2017

Apa Itu Computer Literacy?

Saat ini sudah banyak perusahaan atau program tertentu yang menggunakan teknologi sebagai penghubung antara perusahaan dengan calon pelamar kerja. Ya, sekaran g sudah bertebaran instansi yang membuka rekrutmen melalui situs karir yang dikelola oleh perusahaan yang bersangkutan. Hal ini menuntut para calon pelamar kerja untuk mendaftarkan diri dengan membuat akun dan mengisi kelengkapan data sebagai CV untuk bahan pertimbangan perekrut karyawan baru perusahaan.

Karena perkembangan teknologi, sebagai pelamar kerjapun kita harus semakin maju agar bisa mengikuti perkembangan zaman. Teknologi yang berkembang ini tidak hanya memunculkan cara-cara baru yang membuat sebagian besar orang kebingungan dan harus belajar lagi. Tidak hanya cara-cara saja, bahkan banyak istilah baru yang muncul yang mungkin nggak semua orang paham, salah satunya istilah computer literacy. Apakah maksud dari istilah tersebut?

Sumber foto: Microsoft

Komputer, seperti yang kita tahu, merupakan alat yang sangat penting pada abad ini karena dengan alat ini kita dapat memfasilitasi dan memperluas ilmu pengetahuan, wawasan bahkan keterampilan manusia. Tidak hanya itu, komputer juga dapat mendukung seseorang untuk mempelajari dan memproses informasi-informasi yang ada di dunia. Computer literacy berkaitan dengan ilmu perpustakaan dan informasi. Dalam ilmu tersebut, computer literacy diartikan sebagai kemampuan untuk menciptakan dan memanipulasi doumen dan data menggunakan software komputer. Jadi bisa dikatakan seseorang yang mempunyai kemampuan computer literacy adalah orang yang bisa mengoperasikan software pengolahan kata atau data, seperti program software Microsoft Office, untuk mengolah informasi dan dokumen.

Sebetulnya, computer literacy hanyalah salah satu dari beberapa elemen dari kemampuan literasi informasi dalam bidang ilmu perpustakaan. Masih ada beberapa elemen yang berperan penting dalam mengembangkan kemampuan kita dalam memperoleh informasi. Visual literacy, misalnya, ini adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan dan mengekspresikan gambar. Selanjutnya, media literacy adalah kemampuan dalam mengakses, menganalisa dan memproduksi informasi untuk hal-hal tertentu, serta menyikapi informasi dengan lebih kritis dan bijaksana. Kemudian ada juga digital literacy yang merupakan kemampuan yang berkaitan dengan penguasaan sumber dan software. Yang terakhir, network literacy, yang merupakan kemampuan untuk mengakses dan menggunakan informasi dalam internet.

Kelima elemen dalam literasi informasi ini sebenarnya sangat bermanfaat untuk dipelajari. Walaupun kemampuan literasi informasi ini merupakan bidang ilmu perpustakaan, bukan berarti kita yang bukan dari bidang itu tidak perlu tahu. Justru itu, kita harus tahu karena kemampuan untuk mengelola informasi ini sangat berguna dan membantu orang-orang dari jurusan manapun. Bahkan, kemampuan computer literacy sendiri sudah diperlukan di segala bidang, baik pendidikan, teknik, kedokteran, terlebih dalam bidang administrasi, agar seseorang dapat mengolah kata atau data untuk laporan-laporan yang akan dibuat saat bekerja.


Bagaimana, apakah kita orang yang berkemampuan computer literacy?

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html