Monday, March 06, 2017

Apa Itu Komodo?

Banyak dari kita yang masih belum mengetahui apa itu komodo. Ya, komodo atau Varanus komodoensis adalah hewan purba, spesies kadal terbesar di dunia. Uniknya, komodo ini berasal dari negara kita, Indonesia. Komodo merupakan satwa langka yang statusnya terancam punah dan saat ini dilindungi di Taman Nasional Komodo, Pulau Komodo, Kecamatan Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Sumber foto: clipartion.com

Menurut laman Wikipedia, komodo dewasa biasanya memiliki berat 70 kilogram atau lebih. Spesies terbesar yang pernah ada memiliki panjang 3 meter lebih dan bobot 166 kilogram. Secara fisiologis, komodo tidak memiliki indera pendengaran walaupun memiliki lubang telinga. Mereka mengandalkan indera penglihatannya yang mencapai 300 meter dan indera penciuman venomeronasal yang mencapai radius 10 kilometer untuk mendeteksi bangkai mangsa. Komodo merupakan hewan karnivora pemakan bangkai. Walaupun demikian, beberapa komodo juga ada yang berburu mangsa dengan cara mengendap-endap incarannya.

Komodo pertama kali ditemukan oleh orang Eropa pada tahun 1910 dan semakin meluas setelah seorang peneliti menerbitkan paper tentang komodo. Sebagai objek penelitian, komodo pun diburu dan jumlahnya terus berkurang dari waktu ke waktu. Menyadari keberadaan komodo semakin terancam, pemerintahan Belanda di Indonesia waktu itu melarang dan membatasi jumlah pemburuan komodo yang diambil untuk kepentingan penelitian ilmiah. Populasi komodo saat ini diperkirakan sekitar 4.000 – 5.000 ekor yang hidup di habitat liar. Hal ini tidak diakibatkan oleh pemburuan ilegal saja, tetapi juga karena meningkatnya bidang pariwisata, kebakaran, gempa bumi, kerusakan habitat yang berdampak pada berkurangnya mangsa dan lain-lain.


Jika kita ingin melihat komodo secara langsung, kita bisa berjalan-jalan ke Taman Nasional Komodo yang ada di Nusa Tenggara Timur. Tetapi, hati-hati ya, jangan pergi tanpa pemandu. Karena komodo bukanlah hewan yang ramah kepada manusia, walaupun komodo yang dikurung di penangkaran sekalipun. Bahkan komodo pernah dikabarkan menyerang seorang anak. Luka akibat gigitannya yang berbisa dan cakarnya yang tajam dapat berakibat fatal dan mengancam nyawa manusia.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html