Saturday, March 04, 2017

10 Negara Yang Tidak Ada Lagi Di Abad Ke-20 (Bagian II)

Buat yang belum tahu 5 negara sebelumnya, bisa dilihat disini.

Sebelumnya kita sudah membahas lima negara yang sebelumnya pernah ada di dunia ini. Kali ini kita akan membahas lima negara lain yang sekarang sudah tidak ada lagi dan menjadi sejarah dunia.

5. Czechoslovakia
Sumber foto: Wikipedia

Czechoslovakia merupakan sebuah negara berdaulat di Eropa Tengah. Negara ini mendeklarasikan kemerdekaannya setelah memisahkan diri dari Kerajaan Austro-Hungaria. Czechoslovakia berdiri dari tahun 1918 hingga 1992. Pada awal tahun 1993, negara ini pecah secara damai menjadi dua negara baru yang kita kenal sebagai Republik Ceko dan Slovakia. Pemecahan ini terjadi dikarenakan bangsa Ceko dan Slovak memiliki perbedaan dalam bidang perekonomian dan teknologi sehingga menimbulkan banyak kesenjangan sosial.

4. Rhodesia
Sumber foto: Wikipedia

Negara yang terletak di Afrika ini merupakan negara yang berbentuk republik. Rhodesia merupakan negara bekas jajahan Inggris di Afrika bagian selatan ini berdiri pada tahun 1965 hingga 1979. Secara geografis, letak negara Rhodesia sekarang merupakan wilayah negara Zimbabwe dan Zambia. Selama negara ini berdiri, Rhodesia memiliki seorang administrasi pemerintahan, tujuh presiden republik, seorang kepala daerah dan dua orang perdana menteri. Sejak awal berdirinya, Rhodesia dipimpin oleh orang berkulit putih, begitu juga dengan seluruh anggota parlemen pemerintahannya. Selain itu, konflik berkepanjanganpun terjadi hinggaakhirnya Inggris yang pada saat itu masih menjajah Rhodesia menyetujui kemerdekaan negara ini. Setelah diselenggarakannya pemilu yang dimenangkan oleh Robert Mugabe, negara ini resmi berubah nama menjadi Zimbabwe dan ibukotanya berubah nama menjadi Harare.

3. Ottoman Empire
Sumber foto: asianhistory.about.com

Ottoman Empire atau Kesultanan Utsmaniyah didirikan pada abad ke-13 di barat laut Anatolia. Walaupun dalam bentuk kesultanan, Utsmaniyah lebih dikenal sebagai negara besar, berdiri paling lama hingga 600 tahun lebih, dan juga terkuat di dunia pada masanya, yang menaungi berbagai macam suku, bangsa, budaya serta memiliki keberagaman bahasa. Kekuasaan kesultanan ini mencapai sebagian besar Eropa Tenggara, Asia Barat, dan daerah Afrika Utara. Dengan Konstantinopel sebagai ibu kotanya, kekuasaannya makin meluas di sekitar cekungan Mediterania dan menjadi pusat interaksi antara dunia Timur dan Barat. Akan tetapi, setelah pecahnya Perang Dunia I, kesultanan inipun pecah, kemudian muncul negara baru yang kita kenal sebagai Turki.

2. Yugoslavia
Sumber foto: sott.net

Negara ini pernah ada di daerah Eropa Tenggara dari tahun 1918 sampai tahun 2003. Awalnya, Yugoslavia berbentuk kerajaan, namun pada tahun 1929 negara ini mengubah bentuk parlemennya menjadi republik. Ibukota negara ini adalah Beograd. Negara ini mengalami perjalanan panjang dalam pengembangannya, akan tetapi sejak tahun 1980-an terjadi serentetan gejolak dan konflik politik yang mengakibatkan negara ini bubar dari masa ke masa, yang sekarang menjadi 7 negara berbeda Slovenia, Kroasia, Bosnia, Herzegovina, Serbia, Kosovo, Montenegro dan Makedonia.

1. Soviet Union (Uni Soviet)

Sumber foto: Wikia

Soviet Union atau nama resminya USSR (Union of Soviet Socialist and Republic) atau yang lebih kita kenal sebagai Uni Soviet di buku Sejarah, merupakan negara terbesar yang pernah ada di dunia yang terletak di benua Asia. Wilayahnya bahkan sampai ke benua Eropa sehingga lebih dikenal dengan benua Eurasia. Negara ini berdiri dari tahun 1922 hingga 1991. Karena banyaknya gejolak politik hingga percobaan kudeta yang terjadi di negara adikuasa ini, Uni Soviet pun membubarkan diri sebagai negara federasi sehingga memunculkan lebih dari 50 negara baru, termasuk Armenia, Georgia, Ukraina, Belarusia, Uzbekistan, Tajikistan, Turkmenistan, Kazakstan, dan lainnya.


Yak, inilah 10 negara yang pernah ada sebelumnya di dunia ini sebelum abad ke-20. Sekarang, negara-negara tersebut sudah tidak ada lagi, atau berubah nama dan pemerintahan menjadi negara-negara yang ada di buku atlas terbitan terbaru sekarang ini. Walaupun demikian, negara-negara diatas menjadi sejarah tersendiri bagi negara yang sekarang berdiri. Namun, enggak hanya daftar ini saja lho, masih ada puluhan negara lain yang pernah ada sebelum abad ke-20. Ada yang mau menambahkan? Terima kasih.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html