Saturday, April 22, 2017

Perbedaan Penggunaan “Try to do” Dengan “Try doing”



Dalam Bahasa Inggris, kita sering menjumpai kalimat dengan penggunaan kata “try” (mencoba) yang ditambahkan dengan prepositionto” dan diakhiri dengan sebuah kata kerja. Selain itu, di teks lain mungkin kita sering menemukan kalimat yang mirip, menggunakan kata “try” namun setelahnya tidak memakai prepositionto”, justru malah langsung menggunakan kata kerja yang ditambah dengan “–ing” atau istilahnya gerund. Try to do dan try doing, misalnya. Keduanya sama-sama menggunakan kata try (mencoba) dan kata do (melakukan). Namun, apa bedanya?

Yah, disini penggunaan “try to (verb)” dengan “try (verb)ing” memang kelihatannya sama, tetapi secara tata bahasa memiliki makna yang sedikit berbeda.

1. Try to (verb)
Bentuk “try to (verb)” apa saja dan dalam tenses apa saja, memiliki makna yang lebih dalam. Maksudnya, try to do something itu bermakna melakukan sesuatu dengan usaha yang keras. Artinya, “try to (verb)” digunakan saat kita menyatakan sesuatu yang kita lakukan dengan usaha keras, yang berarti hasilnya bisa jadi gagal, bisa jadi berhasil. Jika kita menemukan atau mendengar seseorang menggunakan try to (verb), berarti dia maupun siapa subjek yang dibicarakannya melakukan tindakan yang dalam kategori sulit menurut kondisinya, dan dilakukan dengan usaha yang keras. Contohnya:

I tried to study Japanese, but it is so complicated.
Kalimat diatas bermakna “saya mencoba mempelajari Bahasa Jepang, tetapi itu sangat rumit”. Kalimat tersebut juga mengandung pola try to (verb) yaitu tried to study (tried adalah try dalam bentuk past tense).Terlihat jelas bahwa mempelajari Bahasa Jepang itu sulit bagi “saya” karena rumitnya bahasa tersebut. Kalimat ini mengindikasikan bahwa “saya” melakukan usaha ekstra untuk mempelajari Bahasa Jepang, walaupun hasilnya nanti bisa jadi gagal atau bisa jadi berhasil.

Contoh lainnya:
Maria tried to climb Mt. Everest.
Kalimat diatas bermakna “Maria mencoba mendaki Gunung Everest”. Dalam kalimat diatas juga terdapat pola try to (verb) yaitu tried to climb. Mendaki gunung, apalagi Everest bukanlah hal yang mudah dilakukan. Oleh karena itu, kalimat diatas juga menjelaskan bahwa Maria melakukan usaha yang keras untuk mendaki gunung tersebut.

Coba pahami contoh kalimat berikut:
I tried to watch Paranormal Activity but it was too scary.
I try to be a good person.
She tried to reach her supervisor by calls but he did not answer.
Dad is trying to fix my bycycle. (contoh dalam present continous tense)
I will try to read this thick novel. (contoh dalam future tense)

Lalu bagaimana dengan try (verb)ing?

2. Try (verb)ing
Bentuk “try (verb)ing” memiliki makna “melakukan sesuatu yang baru” atau “bereksperimen” atau melakukan sesuatu yang belum pernah sebelumnya kita lakukan dan tidak sulit dilakukan atau tidak membutuhkan usaha yang ekstra untuk melakukannya. Hasil yang akan terjadi setelah mencoba melakukan sesuatu tersebut juga tidak pasti. Contohnya:

Try adding salt to your fried potatoes.
Makna kalimat diatas adalah “cobalah menambahkan garam pada kentang gorengmu”. Pada kalimat tersebut juga terdapat pola try (verb)ing, yaitu try adding. Menambahkan garam pada kentang bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan. Kita hanya perlu mengambil garam dan menaburkan diatas kentang goreng. Hasilnya bisa jadi kita suka, atau malah tidak suka karena keasinan. Ya, biasanya pola try (verb)ing dijumpai pada kalimat yang berbentuk saran/suggestion.

Contoh lainnya:
If you can’t reach my by email, try calling me.
Makna kalimat diatas adalah “jika kamu nggak bisa menjangkau saya lewat email, coba telepon saya”. Kalimat diatas mengandung pola try (verb)ing yaitu try calling. Kalimat tersebut juga bermakna sebuah saran, yang mudah dilakukan. Apakah nantinya “saya” bisa dijangkau via telepon, mungkin saja nantinya “saya” akan mengangkatnya atau mungkin saja tidak bisa ditelepon karena ponselnya “saya” kehabisan baterai. Hasilnya tidak benar-benar bisa diketahui.

Coba pahami contoh lainnya:
If you want to become a good English speaker, try speaking English whenever you can.
If your girlfirend is angry at you, try giving her chocolate or flowers.
Try adding sugar to your coffee.
Try drinking fresh water 8 glasses a day to maintain your health.


Bagaimana? Sudah ada sedikit pencerahan tentang perbedaan “try to (verb)” dan “try (verb)ing”? Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html