Wednesday, April 19, 2017

Menggunakan Preposition of Place (At, On, In)



Seperti dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris punya preposisi juga atau istilahnya preposition. Kali ini kita akan berdiskusi tentang preposisi yang menyatakan tempat atau preposition of place. Tunggu, preposition itu apa, sih?

Preposition adalah kata yang menjelaskan sesuatu terletak dimana (jika menjelaskan tempat) dan juga menjelaskan kapan waktu terjadinya sesuatu (jika merujuk pada jam, atau tanggal, atau bulan, tahun dan sebagainya). Kali ini kita akan membahas tiga preposition of place dalam Bahasa Inggris yang umumnya sering sekali dipakai tapi mungkin kita masih belum mengerti kapan tepatnya kita gunakan.

1. At
Preposition “at” digunakan saat kita menyatakan suatu tempat yang spesifik. Ingat, ya, spesifik. Contohnya, ketika kita ingin bilang “saya ada di rumah”, kita menyatakan posisi kita secara spesifik. Dalam konteks seperti ini, kita bisa menggunakan “at” sebelum keterangan spesifik lokasi kita berada sekarang: I am at home now.
Contoh lainnya:
1. Zenny is at Kayla’s birthday party.
2. I was at Diana’s house.
3. Maya was at the swimming pool.
4. Q: Guys, where are you?  |  A: We are at the art museum.

2. On
Preposition “on” digunakan saat kita menyatakan sesuatu yang sedang berada di atas atau menyentuh atau menempel diatas suatu permukaan. Contohnya, ketika kita ingin bilang bahwa ponsel kita ada diatas meja, kita bisa bilang dengan: My cellphone is on the table. Kita mengasumsikan bahwa ponsel kita berada diatas permukaan meja dan tentu saja menyentuh permukaan meja. Walaupun begitu, dalam beberapa konteks, kalau kita sedang menonton acara TV kesukaan kita, kita akan bilang: My favorite show is on TV now.

Catatan sedikit bahwa penggunaan “on” yang menyatakan diatas suatu permukaan tidak selalu harus diatas permukaan yang horizontal. Preposisi ini juga berlaku pada permukaan yang bentuknya vertikal seperti papan tulis. Contohnya: I write on the whiteboard.

3. In
Preposition “in” digunakan untuk menyatakan sesuatu yang sedang berada di dalam suatu ruangan, baik tertutup maupun tidak. Contoh penggunaan “in” misalnya: I live in London. Preposition ini menjelaskan bahwa “saya tinggal di London”—di dalam sebuah kota. Walaupun tidak tertutup, tetapi “saya” tadi tinggalnya di dalam sebuah kota. Kenapa tidak pakai “at”? Karena kota yang dimaksud dalam konteks kalimat tersebut, London, bukan menunjukkan lokasi spesifik dimana “saya” tinggal. Hanya menyebut kotanya saja.

Contoh lainnya: I do my homework in my bedroom. Dalam konteks kalimat ini, bedroom adalah suatu ruangan yang tertutup di dalam rumah.

Lalu, bagaimana kalau kita ingin bilang alamat lengkap kita kepada orang lain dengan cara yang tepat? Nah, mempelajari penggunaan preposition yang tepat ini sangat membantu agar kita bisa menyatakan alamat atau hal lain yang terkadang membuat kita bingung bagaimana caranya. Misalnya, kita beralamat di kota Medan, dengan nama jalannya Jalan Buntu dan nomor rumahnya 10. Kita bisa menyatakannya dengan: I live at no. 10 on Jalan Buntu in Medan. Dalam Bahasa Inggris, biasanya orang menyatakan nomor rumah dahulu baru nama jalan dan kotanya, dari alamat spesifik ke yang umum. Namun, tidak jarang juga beberapa penutur Bahasa Inggris yang menyatakan alamat lengkap dengan cara sebaliknya, I live in Canada, on Diamond Street, at 123.

Bagaimana? Semoga terbantu, ya, pemahamannya tentang preposition of place. Nah, bagaimana kalau yang ini:

They were driving ___ the road.
My brother is ___ the theatre.
I forgot my phone ___ my car.


Bisa dijawab?

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html