Friday, April 28, 2017

Apa Yang Akan Terjadi Kalau Kita Berhenti Mengkonsumsi Gula?

Siapa, sih yang nggak suka kue yang manis-manis? Kue yang rasanya manis tentunya berasal dari kandungan gula yang ada pada adonan kue tersebut. Memang rasa manisnya gula dapat membuat kita berenergi dan mungkin bisa menambah mood ceria kita. Akan tetapi, gula bisa menyebabkan kegemukan bila dikonsumsi berlebihan. Bagi yang merasa sudah kelebihan berat badan, tentunya orang itu akan mencoba sekuat tenaga untuk menghindari makanan atau minuman yang manis-manis agar kadar gulanya dalam tubuhnya terjaga.

Lalu, apa yang terjadi kalau kita berhenti mengkonsumsi gula? Tamara Freuman dalam tayangan di Tech Insider menjelaskan bahwa akan ada perubahan dalam tubuh kita dalam hitungan jam. Yang pertama adalah perubahan kadar hormon dalam tubuh. Berhenti mengonsumsi gula bisa menurunkan kadar hormon insulin dalam tubuh kita. Hormon insulin yang berfungsi mengatur gula dalam tubuh dan mengubah gula itu menjadi glukosa. Glukosa yang dihasilkan insulin dapat menambah berat badan kita dan membentuk lemak.

ilustrasi: dreamstime.com

Memang sangat susah untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak menjadi kalori ketika kita memiliki insulin yang terus bekerja. Akan tetapi, jika kita berhenti mengonsumsi gula, tubuh kita akan lebih mudah menggunakan lemak yang sudah tersimpan di dalam tubuh kita dan membakarnya menjadi energi.

Selanjutnya, dalam beberapa hari kita akan menyadari kalau kadar lemak dalam tubuh mulai berkurang, terutama lemak trigliserin yang ada di pembuluh darah. Berkurangnya lemak trigliserin bisa menghindarkan kita dari penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat atau LDL.

Perubahan lainnya yang terjadi adalah pengecap rasa kita bisa berubah. Misalnya ketika kita mencicip kue donat yang biasanya kadar manisnya normal menjadi sangat manis. Dan itu akan membuatmu tidak enak karena manisnya berlebihan. Indera pengecap kita beradaptasi karena sudah beberapa lama tidak mengkonsumsi gula. Akan tetapi, perubahan itu membuat kita menjadi lebih mudah menghindari pemakaian gula dalam makanan kita.


Bagaimana? Siap untuk mencoba berhenti makan gula?

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html