Saturday, April 22, 2017

Past Time Markers – Penanda Waktu Lampau (Past Tenses)



Dalam Bahasa Inggris, kita akan sering menjumpai beberapa penanda waktu yang dapat membantu kita mengenali tenses apa yang cocoknya dipakai dalam suatu kalimat. Di pembahasan kali ini, kita akan mengenal beberapa penanda waktu lampau, atau istilah kerennya past time markers. Apa itu past time markers?

Past time markers adalah beberapa kata yang berperan sebagai penanda waktu lampau, yang berbentuk keterangan waktu di dalam sebuah kalimat Bahasa Inggris. Jadi, jika kita mengetahui beberapa kata past time markers, kita akan bisa menebak tenses apa yang tepatnya dipakai pada suatu kalimat walaupun kita tidak diberitahu tenses apa yang sedang digunakan.

Yang namanya tenses dalam Bahasa Inggris, pastinya kita bisa menandainya dengan cara memperhatikan kata kerja atau verb yang digunakan dalam suatu kalimat. Namun, bagaimana jadinya jika verb itu dihilangkan? Harus pakai tenses yang mana untuk melengkapi satu kalimat? Oleh karena itu, kita perlu mengetahui dan mengingat beberapa past time markers berikut.

1. Yesterday
Yak, yesterday berarti kemarin, dan ini adalah penanda waktu lampau karena digunakan untuk mengungkapkan hal yang terjadi kemarin. Contohnya: Yesterday, I ate a delicious pancake. Bentuk lainnya juga ada the other day. Artinya di hari yang lain, tetapi maksudnya kemarin.

2. Last night/week/month/year
Harfiahnya bermakna malam kemarin/minggu lalu/bulan lalu/tahun lalu. Jika kita menemukan pola seperti ini didalam kalimat, ini menandakan tenses yang dipakai adalah past tense. Contohnya: She went to hospital last night atau Jean visited Adelaide last year.

3. Just now
Artinya baru saja. Ya, baru saja terjadi dan tidak sedang berlangsung atau tidak terjadi lagi.

4. (....) ago
Penanda yang ini sering kita jumpai jika digabungkan dengan jumlah hari/bulan/tahun. “Ago” disini bisa dikatakan berarti “yang lalu”. Contoh kalimatnya: I ate cookies two days ago atau She met his boyfriend three months ago.

5. In (...)
Past time marker yang satu ini sering kita jumpai di teks-teks yang berbau sejarah. Tetapi, tidak juga. Kita akan sering menemukannya didalam kalimat semacam ini: I was born in 1990.

6. When ....
Penanda “when” biasanya ditemukan di kalimat majemuk dalam Bahasa Inggris, dan diikuti oleh klausa pendek. Misalnya: I liked watching anime when I was a kid.

Bagaimana? Sudah dipahami apa saja yang termasuk past time marker? Kalau sudah, sekarang coba tebak yang mana saja kalimat dibawah ini yang berbentuk past tense:
Yesterday, I ___ a movie.
Just now, I ___ my homework.
I ___ to China before.
Last week, I ___ shopping.
At the moment, I ___ to school.
I never ___ French.
Four years ago, I ___ to Toronto.


Kalau sudah memahami past time marker, pasti bisa dijawab. Semoga menambah pengetahuan kita sama-sama, ya. Terima kasih.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html