Thursday, April 27, 2017

Kata Yang Sering Bikin Keliru (Part 2)



Sebelumnya kita sudah membahas tentang kekeliruan penggunaan kata play dalam kondisi friendship. Kali ini kita akan membahas hal lainnya.

Kata lainnya yang berhubungan dengan pertemanan adalah “bertemu” atau “jumpa”. Misalnya, kita sedang ngobrol dengan teman yang sedang menggosip tentang cewek paling cantik di kota. Kita kebetulan kemarin ada jumpa dengan orang yang sedang dibicarakan itu. Normalnya, kita akan bilang “aku jumpa dengannya kemarin”. Nah, bagaimana kalau misalnya kamu tinggal di Australia, lawan bicaramu seorang bule, dan orang yang dibicarakan adalah orang tercantik di kampusmu? Otomatis, kamu akan bilang dengan Bahasa Inggris.

Ada beberapa kata yang kita sering keliru dalam mengungkapkan “bertemu” atau “jumpa”. Walaupun kedua kata itu dalam Bahasa Inggris setara dengan meet (atau met dalam past tense), namun kata meet sewajarnya digunakan hanya pada saat kita pertama kali bertemu dengan orang lain, atau sudah sangat, sangat, sangat lama tidak bertemu. Contohnya:
We met under the cherry blossom tree seven years ago.
Kalimat ini memiliki makna bahwa “kita” pertama kali bertemu tujuh tahun yang lalu dibawah pohon sakura. Hm, so sweet!

Contoh lainnya:
I met Diana at the Japanese restaurant.
Kalimat ini mengisyaratkan bahwa “saya” pertama kali bertemu dengan Diana itu di restoran makanan Jepang.

Lalu bagaimana jika kita mau bilang “aku jumpa dengan Julie kemarin” sementara Julie adalah teman sekelas kita yang notabene memang sering jumpa, bukan pertama kalinya? Solusinya adalah gunakan kata see (atau saw dalam past tense). Contohnya:
I saw Julie with her new boyfriend yesterday.
Kalimat ini menyatakan bahwa “saya” melihat atau bertemu atau jumpa dengan Julie kemarin dan dia bersama pacar barunya.

Contoh lainnya:
I will see you at the bookstore this afternoon.
Kalimat diatas biasanya kita gunakan jika kita punya janji dengan teman kita, dan janjinya untuk jumpa di toko buku pada sore hari.

Nah, sekarang bagaimana kalau bertemu dengan orang yang lebih tua? Gunakan kata visit. Contohnya:
I will visit my grandmother this week.
Mama visited my flat yesterday.
Dalam kedua kalimat itu, grandmother dan Mama adalah orang yang lebih tua dari kita. Jadi, jika kita ingin bilang bahwa kita bertemu dengan nenek atau ibu kita, kita akan lebih baik menggunakan kata visit daripada hang out. Hang out yang sudah kita bahas sebelumnya lebih cocok untuk sesama teman saja.

Kemudian, bagaimana jika berjumpa dengan seorang dokter? Nah, untuk menyatakan bertemu dengan dokter, lawyer, atau siapapun yang pertemuannya berkaitan dengan urusan bisnis yang membuatmu harus membayar mereka, misalnya cukur rambut, kita menggunakan kata appointment. Contoh:
I have an appointment with dr. Gina
I will have an appointment with my personal hairstylist

Bagaimana? Sudah mengerti perbedaannya? Semoga ilmu kita makin bertambah, ya. Terima kasih.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html