Thursday, April 27, 2017

5 Verb Yang Bikin Terdengar Pintar



Menghapal ribuan kosakata dalam Bahasa Inggris tentunya tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Semalaman saja kita belum tentu bisa mengingat 50 kosakata baru dalam Bahasa Inggris –tergantung juga level kemampuan berbahasa Inggris kita sudah sampai mana. Kali ini kita coba mengenal, menghapal sekaligus memahami penggunaan lima kosakata yang berperan sebagai verb di dalam kalimat Bahasa Inggris. Lima verb ini bisa membuatmu terdengar lebih pintar berbahasa Inggris dari teman-temanmu, dengan catatan, mengerti cara menggunakannya.

Sebenarnya gampang, namanya juga kata kerja alias verb. Jadi, pasti letaknya setelah subjek, dan bisa berubah bentuk jika tenses yang digunakan berbeda.

1. Ostracize. Kata ini memiliki kesamaan arti dengan exclude, artinya mengasingkan, atau diasingkan jika dalam kalimat pasif. Contoh kalimat yang dapat menggunakan verb ini adalah: He was ostracized for his community, yang artinya dia diasingkan dari komunitasnya.

2. Garner. Kata ini sama artinya dengan get, acquire atau earn. Padanan kata dalam Bahasa Indonesianya adalah mendapatkan atau menerima. Contoh kalimat yang bisa kita gunakan adalah: They garnered a poor reputation, yang artinya mereka mendapatkan reputasi yang buruk, apakah itu akibat tingkah lakunya dalam masyarakat, misalnya. Contoh kalimat itu berbentuk past tense, ya.

3. Contemplate. Kata ini sama dengan consider atau think about. Ya, jika kita pernah berpikir ulang kembali untuk membuat suatu keputusan, nah yang kita lakukan itu namanya adalah contemplate dalam Bahasa Inggris. Contoh kalimat yang bisa kita gunakan adalah: We have contemplated moving to a new city. Artinya, kami sudah berpikir ulang untuk pindah ke kota baru. Kalimat tersebut dalam perfect tense.

4. Differentiate. Kata ini adalah bentuk verb dari kata different (berbeda). Maknanya adalah mampu mengungkapkan perbedaan antara suatu hal dengan hal yang lainnya. Contoh kalimat yang bisa kita gunakan kata ini adalah: I can’t differentiate between my twin cousins. Artinya, saya tidak bisa membedakan sepupu saya. Mungkin karena sepupunya mirip, kali ya? Nggak bisa bedain mana Hasan mana Husin.

5. Fluctuate. Artinya sama dengan change atau vary, yaitu berubah. Berubah disini maksudnya adalah perubahan yang naik turun tidak stabil. Terkadang naik atau baik, terkadang turun atau buruk. Contoh kalimat yang bisa menggunakan kata tersebut adalah: The dollar has been fluctuating a lot this month. Maknanya, dollar sudah banyak berubah (dalam keadaan tidak stabil) bulan ini.


Bagaimana? Ada tambahan kata kerja lain yang bisa kita gunakan dan membuat kita jadi semakin pintar?

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html