Monday, March 06, 2017

Gimana Cara Mengubah Icon Blog? (Untuk Blogger)

Buat kita yang punya blog, tentunya kepengen, dong, punya blog yang tampilannya spesial. Pertama, kita memang kepengen blog kita pakai “baju” alias template yang berbeda, lain dari yang lain, dan unik sesuai kepribadian atau kesukaan kita. Kalau hanya memakai template yang disuguhkan oleh Blogger atau Wordpress, rasanya kelihatan seragam sama blog orang lain.

Selain template, ada satu hal lagi yang membuat blog kita makin jadi spesial, yaitu icon di address bar. Icon? Apa itu? Icon itu adalah semacam logo yang biasanya muncul di sebelah kiri nama situs yang kita kunjungi saat sedang browsing. Misalnya ketika kita sedang membuka Google Images, tab browser kita akan memberikan informasi nama laman yang sedang kita buka dilengkapi dengan logo Google kecil di samping kirinya.

Walaupun kecil, logo ini bisa membuat blog kita menjadi lebih spesial, seperti punya lambang tersendiri dari yang lain. Jika yang lain masih memakai icon atau logo bawaan hosting seperti Blogger dan Wordpress, rasanya blog kita seperti blog yang biasa saja. Padahal kita bisa memasang icon hasil desain kita sendiri atau foto kita dalam ukuran kecil. Caranya bagaimana ya?

Untuk pengguna Blogger, caranya gampang. Pertama, kita harus login ke Blogger kita dulu. Setelah itu, pilih blog yang ingin diubah icon-nya. Kalau memang blog kita sudah tampil sejak awal atau memang hanya punya satu blog, maka nggak perlu repot memilih lagi. Selanjutnya, lihat sederetan menu yang ada di sebelah kiri kita, disana ada Tata Letak. Bagi kamu Blogger Indonesia yang memakai settingan berbahasa Inggris, pilih Layout.


 Sumber foto: Rizuniverse

Setelah itu, akan muncul kotak-kotak yang tersusun. Kotak-kotak ini bisa bervariasi tergantung dengan template blog yang kita gunakan. Disana ada widget Favicon, kalau sudah ketemu, klik Edit-nya. Setelah itu, browser kita akan membuka pop up window baru. Tapi, jangan ditutup, soalnya itu bukan iklan, karena melalui window itulah kita bisa mengubah icon kita. Setelah loading sempurna, silakan pilih file atau foto yang ingin kita jadikan icon, dengan syarat berbentuk segi empat dan berukuran kurang dari 100 KB. Setelah gambar yang mau dijadikan icon dipilih, klik Save atau Simpan.
 Sumber foto: Rizuniverse

 Sumber foto: Rizuniverse

Tada! Bagaimana jadinya? Berubah dan mudah, kan?


Untuk pengguna Wordpress, bisa klik disini untuk menemukan bagaimana cara mengganti iconnya. Terima kasih.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html