Sunday, March 05, 2017

Apa Saja Macam-Macam Kesenian Itu?

Siapa sih yang nggak suka melihat pertunjukan kesenian? Ya, pada dasarnya budaya yang ada di sekitar kita tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya seni. Tidak hanya soal pertunjukan yang kita tonton, diantara kita sendiri pun ada yang suka atau mempunyai kegemaran pada seni tertentu. Lewat seni, kita bisa mengekspresikan kreativitas dan ide kita. Kitapun bisa berbicara dengan dunia lewat seni yang kita tampilkan.

Negeri kita, Indonesia, mempunyai ribuan kesenian yang ada di berbagai daerah di penjuru nusantara. Kita bisa melihatnya di pawai-pawai, panggung tarian, dan acara-acara kesenian. Kesenian yang beragam ini muncul dari kebudayaan daerah yang ada di negeri kita. Contoh mudahnya saja, seni tari di Indonesia beragam macamnya dari Sabang sampai Merauke, dan memiliki ciri khas tersendiri. Wah, kalau sedemikian macamnya, apa saja sih macam-macam kesenian itu?

Secara umum, kesenian dibagi tiga macam. Yang pertama adalah seni visual. Seni jenis visual ini merupakan seni yang ditampilkan dengan menggunakan alat dan media. Alat dan media ini menjadi sarana seorang seniman untuk menuangkan idenya, bisa berbentuk lukisan, gambar, atau tulisan dengan menggunakan kertas atau kanvas melukis. Seni lukisan atau gambar tidak harus berbentuk mirip nyata seperti lukisan orang dan pemandangan. Lukisan animasi dan abstrak merupakan seni yang luar biasa, yang dapat menampilkan ide dan perasaan senimannya. Seni tulisan kaligrafi, handlettering, dan mural juga merupakan seni visual.

Sumber foto: blog.orangecarton.com

Mural? Bukankah mural dibuat di tembok? Ya, media seni visual memang tidak selalu kanvas dan kertas, bahkan lukisan di tembok atau mural juga termasuk jenis seni visual. Selain itu, tanah liat, kayu dan batu juga termasuk dalam seni visual yang bersifat 3D. Dengan material kayu, seorang seniman dapat membuat patung pahatan yang indah. Lalu, seni visual yang sangat populer pada zaman sekarang adalah fotografi. Fotografi merupakan seni mengambil gambar sebuah objek pada sebuah film fotografis. Contoh fotografi yang biasa kita lihat adalah fotografi alam, fesyen, pernikahan dan sebagainya.

Jenis seni yang kedua adalah seni terapan. Seni jenis ini memerlukan keterampilan terapan yang sesuai dengan fungsinya. Seni terapan merupakan seni yang harus dipelajari dengan dalam, tidak bisa hanya dengan mengandalkan bakat saja. Contoh dari seni terapan adalah arsitektur, desain fesyen, dan desain perhiasan.

Sumber foto: architecturalrecord.com

Dari kedua jenis kesenian diatas, kesenian pertunjukan merupakan seni yang paling populer dan paling dekat dengan kita. Mengapa? Karena seni pertunjukan sangat mudah dinikmati dan banyak peminatnya. Seni pertunjukan dikenal oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, seniman seni pertunjukan selalu menunjukkan performa terbaik mereka di panggung. Contoh dari seni pertunjukan adalah seni tarian, nyanyi, film, teater, musik, drama dan sebagainya.


Jadi, seni seperti apa yang menjadi kegemaranmu?

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html