Tuesday, March 21, 2017

5 Proverbs (Peribahasa) Populer Dalam Bahasa Inggris


Dalam Bahasa Indonesia, kita sudah banyak mendengar peribahasa. Mulai dari “rajin pangkal pandai” sampai “ada udang dibalik batu”. Dalam bahasa Inggris juga ada banyak peribahasa, atau istilah bahasa Inggrisnya proverbs. Proverbs dalam bahasa Inggris mempunyai kosakata, atau susunan yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Mungkin beberapa proverbs mempunyai makna yang sama atau mirip dengan peribahasa dalam Bahasa Indonesia, dan mungkin ada banyak juga proverbs yang diterjemahkan dalam bahasa lain. Kali ini, kita akan membahas 5 peribahasa dalam bahasa Inggris yang populer kita dengar, yang di-list oleh EngVid. Mungkin masih banyak dari kita yang belum tahu maknanya.

Sumber foto: rizuniverse

1. Practice makes perfect.
Makna dari proverb diatas adalah semakin banyak kita berlatih, semakin baik kita dalam bidang tersebut. Misalnya, jika kita ingin mengembangkan keahlian kita dalam bermain piano, semakin kita banyak latihan atau les piano, semakin sering waktu yang kita gunakan untuk berlatih dengan sungguh-sungguh, maka akan semakin baguslah teknik atau keahlian kita dalam bermain piano. Begitu juga halnya dalam olahraga. Kita ingin menjadi atlet bulutangkis seperti atlet idola kita. Maka, dengan latihan bersungguh-sungguh dalam bidang olahraga itu, maka akan semakin baik permainan kita.

2. Don’t judge a book by its cover.
Kita mungkin sering mendengarnya dan mengasumsikan maknanya benar-benar sebuah sampul buku. Ya, tidak salah sih, akan tetapi makna utuhnya adalah jangan menilai orang atau sesuatu hanya dengan tampilannya saja. Misalnya, kita melihat sebuah buku dengan sampul yang membosankan dan tebal. Kita menganggap buku itu membosankan dengan menilai sampul bukunya. Akan tetapi, pada kenyataannya buku tersebut bukanlah buku yang membosankan, malah sebuah buku yang paling laris dibeli, karya seorang penulis terkenal. Mungkin kalau kita membacanya, kita akan menemukan banyak hal yang menarik yang diulas buku tersebut. Begitu juga terhadap orang lain. Kita tidak boleh menilai orang hanya karena dia lelaki gendut berambut keriting dan kita menilainya jelek. Padahal kita belum tahu dan belum kenal dengannya. Siapa tahu kalau ternyata dia seorang profesor di universitas ternama di daerah kita?

3. Two heads are better than one.
Proverb ini mempunyai makna tentang kerjasama. Lebih baik kita mengerjakan sesuatu dengan teman satu tim daripada mengerjakannya sendirian. Misalnya, ketika kita mempunyai tugas atau proyek, kita lebih baik mengerjakannya bersama tim atau rekan kerja kita. Karena jika kita mengerjakannya sendiri, kita tentu akan kewalahan. Bukan hanya bagian-bagian beratnya saja, tetapi juga ide yang melandasi tugas atau proyek tersebut. Jika dikerjakan bersama, maka akan terasa lebih sukses dalam segi ide atau solusi, maupun terasa lebih ringan, karena banyak tangan yang membantu.

4. Don’t put all your eggs in one basket.
Makna dari peribahasa ini adalah jangan menaruh segala harapan dan sumber daya atau upaya kita terhadap satu tujuan atau satu impian. Misalnya, kita pengin jadi astronot. Kemudian kita menghabiskan waktu kita untuk belajar tentang ilmu astronomi, menginvestasikan uang kita untuk impian kita dan mengabaikan hal-hal lain yang diluar ilmu yang mengantarkan kita untuk menjadi astronot. Ketika kenyataannya kita tidak bisa menjadi astronot, kita akan sangat kecewa. Bahkan depresi. Oleh karena itu, jangan menaruh segala harapan ke satu impian saja. Letakkan juga harapan kita kepada kemungkinan-kemungkinan atau impian-impian yang lain, yang masih nyambung dengan minat kita.

5. No man is an island.
Proverb ini bermakna tidak ada orang yang bisa benar-benar hidup sendiri. Ini bukan berarti menyinggung jomblo, yah, ini hanya menyinggung orang yang agaknya antisosial. Kita tidak bisa hidup sendirian. Sebagai manusia, kita perlu berinteraksi dengan manusia lainnya. Kita perlu teman, keluarga, rekan, kenalan, siapapun. Mungkin kecuali musuh, yah? Karena emosi kita dan apapun yang kita lakukan sangat berkaitan dan berpengaruh dengan lingkungan sekitar.


Bagaimana? Sudah tahu kan makna beberapa proverbs dalam bahasa Inggris? Setidaknya, pengetahuan kita bertambah, dan juga level kekerenan kita. Haha!

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html