Monday, March 06, 2017

Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional?

Sepertinya sudah bukan rahasia lagi kalau bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang berlaku di seluruh dunia. Sudah banyak negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama atau bahasa kedua sebagai bahasa perantara atau komunikasi. Tidak hanya itu, negara-negara lain juga mulai mempelajari bahasa Inggris melalui sekolah-sekolah dan les bahasa seperti yang ada di kurikulum pendidikan Indonesia. Tapi, yang jadi pertanyaan adalah kenapa harus bahasa Inggris yang jadi bahasa internasional? Kenapa tidak bahasa Indonesia saja, atau bahasa Mandarin yang paling banyak penggunanya?

Sumber foto: howtopublishinjournal.com

Jika ditelusuri dari sejarahnya, manusia sebagai makhluk sosial yang perlu berinteraksi dengan manusia lainnya memerlukan satu bahasa umum yang dapat dimengerti mayoritas orang sebagai jembatan komunikasi antar manusia yang berbeda bahasa dan budaya. Satu bahasa yang dapat dimengerti dan disepakati untuk digunakan sebagai pengantar antar bangsa dalam berkomunikasi ini disebut dengan lingua franca. Lingua franca di dunia berganti-ganti dan beragam di setiap benua. Seperti di benua Eropa sendiri, dari masa ke masa lingua franca-nya berubah-ubah dari bahasa Yunani kuno di benua Eropa bagian timur dan selatan, serta sekitar Mediterania, hingga bahasa Perancis di Eropa Barat. Dan yang paling populer sampai sekarang adalah bahasa Inggris yang dipakai hampir di seluruh benua di dunia.

Menurut Kok bisa, ada dua faktor yang mempengaruhi mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional. Yang pertama adalah kolonialisasi Inggris. Inggris merupakan negara yang memiliki teknologi yang paling maju di dunia apalagi pada masa revolusi industri. Dengan teknologi yang dimiliki, Inggris dapat membuat militer paling kuat dan menjajah wilayah-wilayah yang sekarang sudah menjadi negara merdeka. Karena kedatangan Inggris ke wilayah tersebut, bahasa Inggris yang digunakan oleh kolonialis juga diperkenalkan kepada rakyat setempat. Inilah yang mengakibatkan bahasa Inggris menjadi bahasa kedua di negara-negara bekas jajahan Inggris seperti Malaysia dan India.

Faktor yang mempengaruhi tidak hanya dari bangsa Inggris saja. Pada awal abad ke-20, Amerika, sebagai bangsa yang paling kuat pengaruh perekonomiannya terhadap dunia. Kekuatan ekonomi dunia yang dipegang Amerika ini memaksa negara-negara lain yang ada di dunia untuk berbisnis menggunakan dolar dan berkomunikasi bahasa Inggris. Selain itu, banyak sekali perusahaan-perusahaan asal Amerika yang mendirikan kantor cabang perusahaannya di negara lain. Ya, perusahaan yang kita sebut perusahaan multinasional inilah yang juga membuat bahasa Inggris menjadi awet sebagai bahasa Internasional, bahkan mengalahkan bahasa Mandarin. Karena sebab inilah banyak teman-teman kita yang belajar bahasa Inggris agar bisa diterima di perusahaan bergengsi berskala internasional seperti itu.

Masih banyak faktor lainnya yang mempengaruhi bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang belum kita sadari. Bagi kita yang punya televisi pasti pernah menonton siaran asing atau film yang berteks terjemahan bahasa Indonesia ditayangannya. Hal ini juga mempengaruhi apalagi buat orang yang kepo seperti kita, ingin tahu apa cerita yang ditayangkan televisi kita. Kita pun jadinya terbiasa dengan bahasa Inggris.


Bahasa Inggris diprediksikan akan bertahan menjadi bahasa internasional hingga berpuluh-puluh tahun ke depan. Oleh karena itu, buat kita yang belum belajar bahasa Inggris ayolah kita belajar mulai dari sekarang. Karena ke depannya, mungkin kita akan ngobrol dengan orang lain dalam bahasa Inggris, bukan bahasa Indonesia maupun bahasa daerah kita. Jadi, selamat belajar berbahasa Inggris, semoga sukses dan terima kasih.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html