Wednesday, March 08, 2017

3 Tips Untuk Membangun Rasa Percaya Diri Kita

Pada saat kita dihadapi situasi sulit dan nampaknya di setiap langkah kita selalu ada kegagalan, kita biasanya dimotivasi dengan orang lain dengan kalimat penyemangat, “Ayo, dong, kamu pasti bisa” untuk membuat kita lebih percaya diri. Kita sendiri, kesulitan untuk membangun rasa percaya diri kita, dan seringnya malah mengeluh, “Andai saja semuanya mudah dilakukan”. Namun sebenarnya, apa sih percaya diri itu?

Percaya diri adalah keyakinan bahwa kita bisa, mampu, berharga, dan juga optimis dengan kemampuan diri sendiri serta ditambah dengan tindakan penuh keberanian untuk menghadapi segala tantangan. Intinya, percaya diri dapat mengubah ide-ide yang ada dalam kepala kita menjadi tindakan sampai menuju kesuksesan. Lalu, darimana percaya diri ini bisa muncul? Tentu saja dari diri kita sendiri, namun ada beberapa hal yang mempengaruhinya.

Sumber foto: shutterstock.com

Menurut tayangan di TED-ed, hal pertama yang mempengaruhi munculnya kepercayaan diri adalah bawaan lahir kita. Kita mempunyai bawaan lahir yang berbeda, masing-masing, yang dapat mempengaruhi cara kerja otak kita dalam menanggapi situasi atau suatu kondisi. Yang kedua adalah bagaimana kita diperlakukan dalam lingkungan sekitar kita. Dan yang terakhir adalah kontrol kita terhadap sesuatu seperti keputusan yang kita pilih, pengalaman resiko yang kita hadapi dan juga bagaimana cara kita merespon tantangan dan rintangan yang dihadapi.

Lalu bagaimana caranya supaya kita bisa membangkitkan rasa kepercayaan diri kita? Ya, tentu saja harus dimulai dari kita sendiri. Orang lain di sekitar kita paling hanya bisa mendukung sebisanya dengan ucapan yang membangkitkan semangat dan tindakan membantu lainnya. Namun, jika tidak dimulai dari diri sendiri, semuanya akan sia-sia. Berikut ada tiga tips bagaimana caranya supaya kita bisa membangkitkan kepercayaan diri.

Pertama, lakukanlah perubahan. Perubahan disini maksudnya mengubah sesuatu yang dapat mengubah mood kita dari murung karena putus asa menjadi mood yang lebih baik, yang membuat kita menjadi lebih semangat. Misalnya, dengan mendengarkan musik kesukaan, kita bisa mengembalikan semangat kita. Tapi jangan pula dengar lagu yang galau, ya. Terkadang aliran atau lirik lagu yang kita dengar bisa sangat mempengaruhi mood kita. Jadi pilihlah lagu yang bisa membuatmu lebih semangat.

Setelah mood-mu menjadi lebih baik, kita bisa kembali memvisualisasikan keberhasilan kita terhadap tujuan kita. Tapi, jangan down lagi. Karena yang namanya sukses itu menanjak seperti tangga, maka kita harus kembali bersemangat menghadapi tantangan yang ada demi tujuan yang kita impikan.

Tips kedua untuk membangkitkan kepercayaan diri adalah percayalah kalau kita mampu berimprovisasi. Ya, yakinlah kalau kita bisa melakukan sesuatu lebih baik dari sebelumnya. Apalagi kalau hal-hal yang mendukung kita menuju tujuan kita itu suatu hal yang bisa diubah atau dikembangkan. Misalnya, tujuan kita ingin menjadi pemain sepak bola yang handal. Maka hal-hal yang mendukung kita seperti stamina yang kuat dan kecepatan lari yang kencang bisa dikembangkan dengan latihan demi latihan. Memang melelahkan, akan tetapi jika kita mempunyai mindset yang berkembang, gigih dengan latihan dan yakin pasti bisa, serta berusaha dengan sekuat tenaga, pasti kita bisa meraih tujuan kita. Karena pada dasarnya rintangan yang kita hadapi saat sedang berusaha menuju tujuan kita adalah kesempatan kita untuk belajar dan berimprovisasi.

Dalam ilmu neurologi, sel otak kita juga dapat berpengaruh menjadi lebih baik melalui latihan dan belajar. Sel-sel otak kita saling berhubungan dengan latihan-latihan dan pembelajaran yang kita lakukan setiap saatnya. Misalnya, saat pertama kali kita belajar memainkan bulu tangkis mungkin kita tidak bisa melakukan servis dengan baik. Namun, setelah kita melakukan latihan berulang-ulang kali, dalam seminggu kita bisa melakukan servis dengan cara yang lebih baik dari saat kita pertama kali melakukannya. Orang yang mempunyai mindset berkembang dan yakin pada kemampuannya sendiri dipercaya akan menjadi orang yang lebih sukses dibandingkan orang biasa, pada bidangnya. Seperti anak-anak sekolah yang belajar tekun, mereka bisa mendapatkan nilai A karena usahanya dalam belajar.

Tips yang terakhir adalah belajar dari kegagalan yang kita terima. Kita memang tidak jarang mengalami kegagalan saat sedang mencapai tujuan kita. Namun, jangan berkecil hati dan bersedih lama-lama. Hadapilah dan teruslah berusaha. Pelajari apa yang kita dapat dari kegagalan tersebut, dan evaluasi apa yang salah dari kita, lalu perbaiki. Bahkan penulis Harry Potter, JK. Rowling, mengalami penolakan saat naskahnya dikirimkan ke penerbit. Setelah beberapa penerbit yang menolak, akhirnya ada satu penerbit yang menerima naskahnya.

Menurut penelitian, orang yang terbiasa mengalami kegagalan namun terus berusaha, akan lebih tanggap terhadap situasi yang akan dihadapinya. Ia akan mencari cara untuk menghadapi rintangan yang akan dihadapinya, akan bertanya kepada orang, mencari informasi agar ia menjadi lebih maju dari sebelumnya. Ya, ini memang tidak mudah. Karena dari kesulitanlah kita akan belajar dan mendapat kemudahan.

Makanya, jika ada dari kita yang masih murung karena kegagalan yang diterima, bangkitlah. Lakukan lagi,dan terimalah kalau kita akan menemukan rintangan dan kegagalan. Kemudian,  temukan cara yang terbaik untuk merespon situasi yang kita hadapi, dan coba lakukan lagi sampai bisa. Berbaik sangkalah kepada diri sendiri kalau kita bisa.


Siap untuk mencoba lagi demi tujuanmu?

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html