Wednesday, April 19, 2017

Kombinasi Adjective dan Preposition



Dalam Bahasa Inggris, kita mau nggak mau harus tahu apa itu adjective dan preposition supaya kita dapat membuat sebuah kalimat yang baik. Singkatnya, adjective adalah kata sifat yang dapat menjelaskan atau memberi deskripsi tentang sesuatu atau suatu benda.  Jika seseorang berkata “buku biru”, kita bisa mengerti kalau kata “biru” menjelaskan deskripsi “buku” yang dimaksud orang itu. Begitu juga ketika ada seseorang yang berkata “anak kecil itu takut pada hantu”, maka kita pun juga bisa mengerti kalau kata “takut” menjelaskan sesuatu yang ditakutkan oleh anak kecil itu yaitu “hantu”.

Preposition adalah kata preposisi yang membantu kata-kata adjective dalam mendeskripsikan sesuatu. Preposition tidak hanya digunakan untuk membantu kata adjective saja, banyak kegunaan lainnya. Preposisi dalam Bahasa Indonesia yang kita kenal diantaranya adalah di, ke, dari, pada, dalam, daripada, dengan, dan sebagainya. Begitu juga preposition dalam Bahasa Inggris, pilihannya ada banyak, diantaranya at, in, on, about, around, by, of, with, for, dan banyak lagi!

Lalu? Bagaimana adjective dalam Bahasa Inggris?

Dibawah ini ada beberapa contoh kalimat yang mengandung adjective dalam Bahasa Inggris. Adjective biasanya terletak di belakang verb nomina is, am, are, was, dan were, dan dibelakang kata not (tidak) apabila kalimat tersebut negatif.

He is not interested ___ writing.
I am excited ___ your birthday.
Joanna is afraid ___ failing.
I think she is tired ___ trying.
He is worried ___ his test.
Mark is good ___ cooking.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui kata mana saja yang adjective. Dalam Bahasa Inggris, adjective ini sering dikombinasikan dengan preposition untuk menjelaskan sesuatu dengan lebih jelas atau membentuk sebuah frase. Biasanya adjective yang berkombinasi dengan preposition ini terdapat noun dibelakangnya apakah itu bentuknya gerund atau memang hanya kata benda dasar/basic noun. Buat yang masih bingung gerund itu apa, gerund adalah kata kerja atau verb yang ditambahkan “-ing” dibelakang bentuk dasarnya yang maknanya berubah menjadi kata benda/noun. Jika kita lihat kembali contoh diatas, writing, failing, trying, dan cooking adalah gerund, sedangkan (your) birthday dan (his) test adalah noun/kata benda.

Lalu, preposition yang mana saja kah yang bisa kita kombinasikan dengan adjective diatas agar contoh kalimat tersebut menjadi kalimat yang utuh? Yak, ini adalah bagian yang membingungkan. Karena banyak kemungkinan yang bisa kita gunakan dari sekian banyak preposition dalam Bahasa Inggris. Akan tetapi, kita harus bisa juga membuat kalimat itu menjadi masuk akal dengan pilihan kata preposisi yang ada.

1. He is not interested ___ writing.
Kalimat ini menjelaskan bahwa “dia tidak tertarik (pada) menulis”. Kata writing disini maksudnya adalah hobi menulis. Dalam kalimat ini, preposisi yang cocok adalah in untuk menyatakan pada. Jadi kalimat yang utuhnya adalah:
He is not interested in writing.

2. I am excited ___ your birthday.
Kalimat ini menjelaskan bahwa “saya senang dengan ulang tahunmu”. Preposisi yang cocok untuk melengkapinya adalah about:
I am excited about your birthday.

3. Joanna is afraid ___ failing.
Maksud dari kalimat ini adalah “Joanna takut gagal”. Maka preposisi yang cocok adalah of:
Joanna is afraid of failing.

4. I think she is tired ___ trying.
Maksud dari kalimat ini adalah “Kupikir dia lelah mencoba”. Preposisi yang tepat untuk melengkapinya adalah:
I think she is tired of trying.

5. He is worried ___ his test.
Makna dari kalimatnya adalah “dia khawatir dengan tesnya”. Preposisi yang cocok untuk melengkapinya adalah:
He is worried about his test.

6. Mark is good ___ cooking.
Makna dari kalimat diatas adalah “Mark (mempunyai kemampuan yang) baik dalam memasak”. Preposisi yang tepat untuk melengkapi kalimatnya adalah:
Mark is good at cooking.

Yak, pasti akan ada pertanyaan seperti “bagaimana bisa kita menentukan preposisi apa yang tepat dengan adjective dan noun yang ada di suatu kalimat?” Pertanyaan itu agak sulit untuk dijawab, karena preposisi yang digunakan itu nggak hanya tergantung dengan makna kalimatnya saja, tetapi juga tergantung dengan standar penggunaan dalam konteksnya sendiri. Jadi, kalau kita sering-sering membaca teks, cerita atau artikel dalam Bahasa Inggris, kita akan mengerti sedikit demi sedikit tentang struktur kalimat dan kapan saja preposisi tertentu digunakan dalam kalimat.

Berlatih terus, ya. Terima kasih telah membaca artikel ini.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html