Thursday, April 27, 2017

Ain’t: Kata Slang “Tidak”



Mungkin kita sering mendengar kata ain’t dalam lirik lagu yang kita dengar atau dialog dalam film barat yang pernah kita tonton. Ain’t dalam bahasa kita berarti tidak. Kata ain’t ini juga sangat serba guna karena penggunaan ain’t tidak begitu terpengaruh dengan tenses. Hal ini karena ain’t adalah kata slang atau bahasa gaul ala English. Walaupun begitu, kita harus tahu bagaimana ain’t ini digunakan di dalam sebuah kalimat. Perhatikan contoh-contoh kalimat berikut:

I ain’t going to the festival.
(Saya tidak pergi ke festival)
Pada kalimat diatas, ain’t menggantikan to beam not”. Karena subjeknya adalah I (saya) dan kalimatnya dalam present continous tense.

She ain’t angry at me, right?
(Dia tidak marah padaku, kan?)
Pada contoh kalimat yang ini, ain’t menggantikan to beis not”. Karena subjeknya adalah she (dia) dan kalimatnya dalam present tense.

He ain’t got a car.
(Dia tidak punya mobil)
Nah, pada kalimat ini, ain’t menggantikan “does not” atau “did not”. Kalimat ini berbentuk kalimat verba, berbeda dengan sebelumnya. Oleh karena itu ain’t menggantikan auxilary dari kalimat negatif pada present tense atau past tense. Bentuk formal dari kalimat ini adalah: He doesn’t have a car.

I ain’t been to South Korea.
(Saya tidak pernah ke Korea Selatan)
Berbeda juga dengan contoh-contoh kalimat sebelumnya, pada kalimat ini ain’t menggantikan “have not” dalam perfect tense. Karena disana ada “been” dibelakang ain’t. Seandainya contoh kalimatnya he ain’t been to South Korea, ain’t menggantikan “has not”, beradaptasi dengan subjek yang ada di depannya.

I ain’t done nothing.
(Saya tidak melakukan apapun)
Contoh yang terakhir ini agak membingungkan apalagi buat yang terbiasa formal dengan penggunaan tenses. Ain’t disini menggantikan “have not” dan kalimat ini berbentuk present perfect tense, ditandai dengan “done” bentuk past participle dari “do”. Akan tetapi, jika kita jabarkan dengan perubahan ain’t menjadi have not, maka akan menjadi I have not do nothing. Kalimat ini janggal karena ada dua marker negatif, yaitu “have not” dan “nothing”. Makna sebenarnya dari kalimat ini adalah saya tidak melakukan apapun. Oleh karena itu, sebenarnya bentuk formal dari kalimat ini adalah: I have not do anything.


Jadi, kesimpulannya ain’t sangat serba guna digunakan dalam kalimat informal saat berbicara. Kata slang yang bemakna tidak ini bisa menggantikan to be pada kalimat nomina, do/does/did not pada kalimat verba bahkan have/has/had not pada kalimat perfect tense. Akan tetapi penggunaan ain’t tidak dianjurkan untuk digunakan dalam tes atau ujian, ya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html