Tuesday, February 14, 2017

Berapa Jam Seharusnya Kita Tidur Dalam Sehari?

Banyak dari kita yang belum tahu berapa lama waktu istirahat yang ideal. Kita biasanya hanya istirahat dengan tidur pada malam hari dari jam 10 atau jam 12 malam sampai subuh yang tergantung dengan wilayahnya masing-masing. Tapi, sebenarnya berapa jam yang dibutuhkan manusia untuk tidur dalam satu hari?

Credit photo: shutterstock.com

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi durasi tidur idealnya bagi manusia. Faktor pertamanya adalah umur. Durasi tidur anak kecil sebenarnya lebih lama dari orang dewasa.  Akan tetapi, zaman sekarang anak kecil pun sudah hobi begadang nonton bola padahal besok paginya dia harus bangun pagi dan bersiap untuk sekolah. Ya, akibatnya ada anak yang suka tidur di kelas karena mengantuk, bukan karena pelajarannya yang membosankan.

Selanjutnya, gaya hidup juga mempengaruhi jam tidur manusia. Bagi yang sudah menjalani gaya hidup sehat, pasti waktu tidurnya bisa teratur dari jam berapa sampai jam berapa. Namun, bagi orang yang bekerja pada malam hari seperti shift satpam di kantor-kantor, mereka akan memerlukan jam tidur tambahan di siang hari, dan juga memerlukan penyesuaian badannya agar bisa terbiasa dengan kegiatan yang menuntutnya untuk tidak tidur pada malam hari layaknya kebanyakan orang.

Selain gaya hidup, pola makan, penyakit yang diderita dan faktor genetik juga mempengaruhi jam tidur kita. Seperti orang yang sakit, akan dianjurkan untuk memperbanyak waktu istirahat daripada biasanya, hingga ia pulih. Jadi intinya, jam tidur manusia sebenarnya tergantung pada faktor-faktor tertentu. Namun, normalnya orang dewasa membutuhkan waktu istirahat 7 hingga 8 jam sehari agar badan kembali segar dan siap untuk melanjutkan aktivitas hariannya.

Namun, sebenarnya apa sih alasan kita tidur? Menurut tayangan di Kokbisa channel, hingga saat ini para peneliti masih mencari jawabannya. Seorang saintis bernama William Dement yang sudah meneliti tidur selama lebih dari 50 tahun menjawabnya dengan jawaban sederhana yang kita semua pun tahu karena beliau belum menemukan jawaban secara sainsnya: kita tidur karena kita ngantuk.


Jadi, bagi kamu yang masih suka begadang, disarankan untuk mengurangi begadangnya karena begadang memangkas waktu istirahat yang dibutuhkan tubuh kita. Kalau kita tidak istirahat dengan cukup, ini akan berpengaruh dengan kegiatan sehari-hari kita seperti mengerjakan pekerjaan kita dengan lesu, tidak bersemangat dan capek bahkan baru lima menit memulai pekerjaan. Semoga ini menjadi informasi yang berguna dan tak lupa, terima kasih.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html