Saturday, February 25, 2017

Apa Itu Zodiak dan Astrologi?

Dulu, lagi zaman-zamannya suka langganan majalah pasti kita suka iseng ngintipin bagian ramalan bintang yang di-update setiap minggunya. Dalam rubrik ramalan bintang yang kita baca, ada 12 tanda zodiak dengan rentang tanggal tertentu yang tercantum disana. Sebenarnya apa sih zodiak itu?

Menurut situs Tahupedia, zodiak adalah ramalan bintang yang dapat menentukan karakter dan kepribadian seseorang. Seperti yang kita kenal, ada 12 bintang atau zodiak mulai dari Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagittarius, Capricorn, Aquarius, dan Pisces. Nama-nama zodiak yang kita kenal sebenarnya berasal dari rasi bintang yang benar-benar ada di angkasa.

Menurut Wikipedia, rasi-rasi bintang ini berada dalam sabuk khayal yang jumlahnya ada 13, dengan tambahan rasi bintang Ophiuchus. Kalau diamati dari bumi, rasi bintang ini membentuk garis lingkaran tak terlihat, yang akan muncul pada periode tertentu, dan seolah-olah mereka dilewati oleh matahari. Karena unik dan selalu muncul setiap tahunnya pada musim tertentu, rasi-rasi bintang itu dinamakan dengan nama-nama mitos oleh para ahli astrologi zaman Babylonia. Tidak hanya itu, mereka juga menjadikan zodiak ini sebagai acuan untuk menentukan kepribadian, nasib dan ramalan masa depan.

Sumber foto: the-dreamweaver.net

Bagi yang bingung kenapa rasi bintang ke 13, Ophiuchus, tidak ikut masuk dalam ilmu astrologi, jawabannya sampai sekarang memang masih menjadi misteri. Buat yang masih bertanya-tanya apa itu astrologi, itu adalah ilmu perbintangan kuno yang mengubungkan antara gerakan benda-benda langit di tata surya dengan nasib manusia. Apakah ada hubungannya dengan astronomi?

Menurut tayangan di Kokbisa, astrologi dan astronomi memang sama-sama mempelajari benda langit, hanya saja astronomi termasuk ke dalam kategori ilmu pengetahuan sains karena mengamati benda langit secara ilmiah. Sementara itu, ilmu astrologi yang menggunakan perhitungan horoskop untuk menentukan kaitannya dengan kehidupan manusia tidak termasuk cabang ilmu pengetahuan.

Walaupun demikian, bukan berarti fans ilmu astrologi tidak banyak. Justru ada beberapa orang yang terkenal yang sangat mempercayainya dan bergantung pada ramalan bintang. Jadi, apakah kamu percaya pada ramalan bintang?

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html