Wednesday, February 08, 2017

Kenapa Bumi Terlihat Datar?

Saat kita memandang laut, kita melihat garis horizontal. Mungkin beberapa dari kita waktu kecil mengira titik garis horizontal itu adalah ujung dunia, sehingga kita menganggap bumi itu datar. Padahal faktanya, bumi itu bulat atau lebih tepatnya disebut oblate sphereoid. Kalau memang bumi itu bulat, kenapa kita melihatnya seperti datar-datar saja?

Menurut Kokbisa channel, bumi terlihat datar karena kita, sebagai subjek yang melihat objek, sangatlah kecil. Sementara itu bumi ini sangat besar dan luas. Sebagai contoh, ketika ada kapal yang datang dari cakrawala, kita melihatnya muncul sedikit demi sedikit dari tiang cerobong hingga  lengkap dengan badan kapalnya. Hal ini terjadi demikian karena bumi yang bentuknya melengkung. Namun, di mata kita bumi ini terlihat datar.

Gambar: Daily Express.com

Hal ini sebenarnya karena keterbatasan kita sendiri. Menurut ahli psikologi, kita hanya dapat melihat dan memahami lingkungan sekitar yang kita lihat sendiri. Kemudian, dengan intuisi, kita menerjemahkannya dengan sederana, lalu membuat persepsi -persepsi tentang dunia ini. Ya, contohnya seperti kita melihat lautan, kemudian kita menganggap bumi itu datar bukan bulat. Padahal kalau alam semesta ini ditelusuri, jawabannya tidak akan sesederhana terjemahan intuisi kita.


Sejak dahulu, manusia yang memiliki rasa ingin tahu terus meneliti tentang bumi. Awalnya bumi itu diduga berbentuk kotak, berbentuk datar, berbentuk seperti mangkuk yang dikelilingi lautan hingga kemudian pengetahuan berkembang. Dan akhirnya, ditemukanlah fakta bahwa bumi itu berbentuk bulat. Terima kasih pada peneliti dari cabang ilmu astronomi, kami menjadi semakin tahu. Dan terima kasih juga kepada kamu yang sudah membaca tulisan ini.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html