Thursday, February 02, 2017

Kenapa Kita Suka Selfie?

Pada saat kita buka akun Instagram, kita melihat banyak foto teman-teman kita. Mulai dari foto kegiatan, foto makanannya sampai foto selfie-nya. Mungkin salah satu dari kita suka banget foto selfie. Tapi kepikiran nggak sih, kenapa kita suka selfie?

Credit foto: VectorStock.com

Ada yang bilang suka aja. Lalu, ada juga yang bilang karena lucu aja. Ada juga yang bilang, “aku kepingin kayak orang-orang”. Ya, semuanya benar. Intinya kita suka selfie karena kita, secara sadar atau tidak disadari, mempunyai kebutuhan untuk berekspresi dan diapresiasi oleh orang lain. Bahkan mungkin diantara teman-temanmu ada yang ingin diakui sebagai selebritis Instagram. Menurut Sigmund Freud, manusia adalah makhluk yang narsis yang ingin diakui oleh dunia, dengan berbagai macam cara. Makanya itu sejak dulu manusia suka menunjukkan kemampuannya dalam bentuk karya-karya seperti musik, tulisan, lukisan, dan lain-lain. Kemudian seiring perkembangan zaman, cara mengekspresikan diripun menjadi semakin beragam. Seperti zaman internet saat ini, manusia bisa dengan mudah berkarya dan mengekspresikan diri dan menyebarluaskannya ke internet yang nantinya akan dibaca, dilihat, didengar atau ditonton oleh para netizen. Dan salah satunya adalah selfie dan vlogging yang sedang ngetrend sekarang ini.

Kesimpulannya, kita suka selfie karena selfie adalah cara mengekspresikan diri yang paling mudah karena tidak hanya bermodalkan jepret-jepret dengan smartphone saja, tetapi juga ukuran foto yang tidak memakan MB yang besar untuk disimpan. Begitu juga saat kita hendak mengunggahnya ke akun media sosial, kuota internet kita tidak terlalu banyak terbuang untuk foto selfie. Maka dari itupun kita rela menjepret banyak-banyak selfie dan memilih mana yang paling keren untuk diunggah ke akun Facebook maupun Instagram kita. Semakin keren foto yang kita unggah, semakin banyak like yang kita dapat dan itu membuat kita merasa senang.


Bagaimana, sudahkah kamu selfie hari ini?

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html