Thursday, February 02, 2017

Kenapa Kita Bisa Kentut?

Kentut sering kali dianggap sebagai peristiwa yang menyusahkan dan memalukan, apalagi ketika kita sedang reuni bersama kawan-kawan dan disana ada gebetanmu juga. Secara tidak diduga kita mengeluarkan angin yang bau dan disertai suara yang mengganggu. Seringnya orang-orang tidak mau mengaku kalau dirinya adalah pelaku penembakan gas ke dinding yang menyerang hidung. Lalu kenapa peristiwa yang dianggap memalukan ini terjadi?
Credit foto: VectorStock.com

Kentut adalah salah satu hasil metabolisme manusia dan pada umumnya manusia kentut 14 kali dalam sehari. Peristiwa ini sebenarnya wajar dan tidak memalukan. Akan tetapi, bau gas yang dikeluarkan dan suaranya itu yang menyusahkan dan bikin ilfil gebetan kita. Kentut terjadi karena manusia harus melepas gas yang ada di dalam tubuhnya. Disadari atau tidak disadari, saat kita sedang memakan nasi atau makan kue bolu, yang masuk ke dalam tubuh kita tidak hanya nasi, tepung kue, atau gula saja. Gas yang ada di dalam nasi dan kue bolu itu juga masuk ke dalam tubuh kita. Kemudian, sistem pencernaan kita mencerna makanan dan gas tersebut di dalam perut dan kemudian diuraikan menjadi nutrisi oleh mikroba yang ada di dalam tubuh kita. Gas yang sampai di usus kita berubah menjadi senyawa gas hidrogen sulfida yang bau. Kemudian, gas itu harus dikeluarkan melalui anus dan terjadilah fenomena kentut.

Sebenarnya kentut justru menandakan bahwa kita sehat. Menurut hasil penelitian Universitas Exeter di Inggris, kentut dapat melawan penyakit seperti stroke, gagal jantung, diabetes, demensia dan lain-lain. Bahkan saat seorang pasien yang sudah menjalani operasi pembedahan bagian perut harus menunggu kentut dahulu baru ia bisa makan bubur. Karena kalau belum kentut, berarti metabolisme tubuh pasca operasi pasien tersebut belum normal dan pasien itu hanya boleh menerima nutrisi via cairan infus saja.


Jadi, jika kita merasa ingin kentut, cepat-cepatlah minta izin dan berpindah tempat yang agak jauh dari orang lain agar gas bau yang keluar dari dalam tubuh kita tidak mengganggu hidung orang lain. Dan juga cara ini dapat menyelamatkan kita dari rasa malu akibat dicibir orang karena kentut sembarangan. Bagikan pengetahuan ini kepada temanmu agar ia tahu dan terima kasih telah membaca.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html