Saturday, February 25, 2017

Gimana Cara Membedakan Penggunaan Despite Dan Although Dalam Kalimat?

Buat kita yang sedang belajar Bahasa Inggris, pasti kita sering menemukan kosakata “despite” dan “although” dalam sebuah teks. Saat kita hanya membaca saja, mungkin kita nggak memperhatikan benar hingga akhirnya kita dihadapkan dengan soal ulangan atau ujian yang membuat kita bingung menentukan jawaban yang benar. Bagaimana sih caranya membedakan penggunaan kata “despite” dan “although” ini?

Well, dua-duanya memiliki kesamaan makna, yaitu “meskipun” atau  “walaupun”. Begitu juga dengan kata “in spite of”, “even though” dan “though” dalam Bahasa Inggris. Ya, keduanya merupakan konjungsi yang menghubungkan dua klausa yang menunjukkan makna yang kontras atau bertentangan dalam satu kalimat majemuk. Seperti dalam kalimat Bahasa Indonesia, “Rina tetap kalah walaupun dia sudah berusaha keras di lomba berhitung antar sekolah”, kita bisa mengerti kalau dua klausa dalam kalimat itu maknanya saling bertentangan. Kan sudah berusaha keras, harusnya menang dong, enggak kalah?

Nah, begitu juga dalam aturan gramatikal Bahasa Inggris, “despite”, “although” dan kawan-kawan juga dipakai dalam kalimat majemuk dalam Bahasa Inggris. Namun, bagaimana cara kita agar bisa membedakannya?

Jika kita sedikit teliti dengan susunan kosakata, preposisi dan partikel yang ada di dalam kalimat majemuk ber-“walaupun” dalam Bahasa Inggris ini, kita bisa menemukan bedanya.

1. “despite” dan “in spite of” diikuti dengan kata benda (noun), frase, atau kata ganti subjek (pronoun). Contohnya, pada kalimat “In spite of rain, we have to go to school” kita bisa perhatikan kalau setelah konjungsi ada kata benda (noun), yaitu “rain” alias “hujan”. Pada contoh kalimat “Despite being a teacher, Miss Jenny works as a blogger too” kita bisa perhatikan kalau setelah konjungsi ada frase “being a teacher” atau “menjadi guru”.

Dari kedua konjungsi diatas kita juga bisa membedakan kalau “despitetidak diikuti partikel “of”, melainkan langsung menyatakan frase, noun atau pronoun-nya. Sedangkan “in spite of” memang sudah ada “of”-nya, jadi jangan ditambah lagi.

2. “altough”, “even though” dan “though” diikuti dengan klausa yang sekurang-kurangnya punya subjek dan verb. Ya, klausa! Itu bedanya. Contohnya, pada kalimat “Although her father is rich, he is still kind to everyone”, kita bisa perhatikan kalau konjungsi “although” diikuti klausa “her father is rich” atau “ayahnya kaya” yang jelas mempunyai subjek “her father” atau “ayahnya” dan verbis rich” atau “kaya”.

Begitu juga pada contoh kalimat “Though the sky is dark, we are still happy” kita bisa perhatikan kalau setelah konjungsi “though” ada klausa “the sky is dark” yang mempunyai subjek “the sky” dan verbis dark”. Untuk “even though” penggunaannya juga sama, hanya saja “even though” memberikan kesan lebih tegas, lebih kuat atau lebih maksa seperti kalimat “I am going to enter college overseas even though you do not give me permission”. Tau nggak artinya apa? “Aku akan masuk kampus luar negeri walaupun kamu nggak memberikanku izin!” Maksa banget, kan?


Sumber foto: realmaun.blogspot.com

Nah, bagaimana? Sudah bisa membedakannya, bukan? Kalau merasa sudah mengerti, coba sekarang jawab soal yang satu ini:

Reyhan: Aliya is very friendly, right?
Janet: You are right. .....she is rich, she is not proud.
A. Despite
B. In spite of
C. Although
D. Because
                                                             
Sumber: Soal Asesmen Pra-UN Provinsi Aceh 2017

Hayo, manakah jawaban yang benar?

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html