Tuesday, February 14, 2017

Kenapa Kulit Bisa Terasa Gatal?

Setelah digigit nyamuk, biasanya kulit kita terasa gatal. Tapi tidak hanya nyamuk saja yang menyebabkan gatal di kulit, ulat bulu, jenis-jenis alergi kulit juga menyebabkan rasa gatal. Tentu saja gatal di kulit ini menyebalkan apa lagi kalau gatal itu terasa di saat kita sedang presentasi di depan orang lain. Rasanya ingin menggaruk, tapi malu. Lalu, kenapa kita bisa merasakan penderitaan ini?

Gatal pada kulit sebenarnya berupa rangsangan tubuh terhadap ancaman dari luar tubuh seperti bakteri yang melayang-layang di udara yang tidak terlihat oleh mata kita, yang kemudian hinggap di kulit kita. Kulit kita yang berfungsi sebagai tameng pertahanan pertama terhadap alam sekitar ternyata sangat peka terhadap banyak rangsangan.

Gambar: Line

Contoh kecilnya saja, saat kulit kita menyentuh es batu, maka kulit kita akan terasa dingin. Kalau rasa dinginnya tidak sanggup ditahan lagi oleh syaraf rangsangan yang ada pada kulit, otomatis kita kulit kita akan menjauhi sumber dingin tersebut. Hal itu terjadi karena informasi yang dikirim oleh syaraf perangsang pada kulit kita diterjemahkan sebagai dingin oleh otak kita, dan otak kita pun memerintahkan alat gerak kita untuk menjauhi sumber dingin tersebut.

Begitu pula yang terjadi jika kulit terasa gatal. Sel syaraf pruriceptive atau sel perangsang rasa gatal akan mengirimkan rangsangan tersebut ke otak kita. Kemudian otak kita pun menerjemahkannya sebagai rasa gatal di kulit. Karena yang terasa adalah rasa gatal, otakpun dengan otomatis merespon dengan memerintahkan tangan kita untuk menggaruk.

Menggaruk secukupnya memang dapat meredakan rasa gatal. Namun jika menggaruk berlebihan dapat membuat kulit kita terluka. Menurut tayangan di Kokbisa channel, menggaruk bisa memberikan efek lega sementara. Dan menurut para peneliti, menggaruk  dapat memberikan efek sakit yang seolah  bisa menutupi rasa gatal.


Para peneliti saat ini juga masih mencari cara untuk mengobati rasa gatal. Salah satunya adalah memproduksi obat yang dapat menghambat pertumbuhan histamin. Histamin adalah zat yang muncul saat kita terasa gatal. Namun, anti histamin masih belum bisa menyembuhkan segala jenis gatal, apalagi buat orang yang memang gatal dan suka godain anak gadis pak kepala desa. Oleh karena itu, lebih baik kita mencegah sumber gatalnya terlebih dahulu sebelum kena gatal ulat bulu atau gatal digigit nyamuk. Buat kamu yang sedang membaca ini, jaga selalu kesehatanmu dan terima kasih.

Gambar: Line

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html