Thursday, February 09, 2017

Kenapa Bendera Indonesia Merah Putih?

Waktu kita di sekolah, jam pertama di hari Senin biasanya dipakai untuk upacara bendera. Otomatis kitapun menggunakan atribut paling lengkap dibanding hari-hari lainnya. Nggak jarangpun diantara kita yang kepanasan, kepala gatal, mengantuk bahkan pura-pura pingsan saat upacara bendera. Tapi pernahkah kita menatap bendera kita yang sedang naik ke puncak paling tinggi tiang bendera sambil bertanya kenapa warnanya merah putih?
Gambar: share-ajah.com

Berdasarkan tayangan di channel Kokbisa, asal mulanya bisa dikatakan berasal dari zaman kerajaan-kerajaan dulu. Pada abad ke-13, kerajaan besar seperti Kerajaan Majapahit menggunakan bendera yang berwarna merah dan putih sebagai panji yang dibawa-bawa untuk acara kerajaan ataupun berperang. Kemudian, entah mengapa bendera berwarna merah dan putih itu juga digunakan kerajaan-kerajaan lainnya.

Pada abad ke-19, warna merah putih pun semakin populer karena Pangeran Diponegoro dan pasukannya menggunakan bendera merah dan putih sebagai panji saat melawan pasukan penjajah. Begitu juga pada saat memasuki abad ke-20, para pemuda dan nasionalis yang membela tanah air menggunakan bendera merah putih.

Mungkin kita teringat kembali pelajaran Sejarah yang menceritakan tentang peristiwa perobekan warna biru pada bendera Belanda yang berkibar di Hotel Yamato yang membuat bendera itu menjadi merah putih saja. Peristiwa itupun berlanjut menjadi peristiwa berdarah demi melawan penjajahan, dan alhamdulillah pengorbanan para pejuang kita tidak sia-sia. Karena itu, kita harus saling menjaga dan membangun bangsa dan negara kita karena pahlawan kita sudah mengorbankan segalanya untuk merebut kemerdekaan Indonesia untuk anak cucunya.


Sedikit informasi lagi, mungkin kita hanya tahu bahwa makna merah putih pada bendera kita adalah berani dan suci. Tetapi menurut perpektif lainnya, warna merah itu berasal dari merah gula jawa, dan warna putih berasal dari warna nasi. Ternyata, bendera kita warnanya nggak jauh-jauh dari makanan, dan pantas saja makanan Indonesia enak-enak. Benderanya sudah cukup mewakili bagaimana kelezatan masakan nusantara. Buat kamu yang sedang makan, ya selamat makan dan buat kamu yang sudah membaca artikel ini, terima kasih banyak.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html