Wednesday, February 08, 2017

Bagaimana Terjadinya Kesemutan (Paresthesia)?

Kita pasti pernah mengalami kesemutan. Biasanya kesemutan terjadi kalau kita terlalu lama duduk sambil menindih betis kita, atau saat tangan kita tertindih suatu benda yang cukup berat dalam waktu yang lama. Namun, sebenarnya kenapa sih kita bisa kesemutan?

Berdasarkan tayangan kanal Kokbisa, kesemutan atau istilah kedokterannya, paresthesia, terjadi karena sistem syaraf kita yang tertahan untuk mengirim informasi baik dari maupun ke otak. Misalnya, ada sebuah benda dengan beban yang cukup berat menindih lengan kita. Jaringan sistem syaraf yang ada di seluruh tubuh kita biasanya akan dengan mudah mengirim dan menerima informasi. Akan tetapi, beban yang menindih lengan kita itu menghambat pengiriman informasi dari dan menuju otak. Ketika beban diangkat, sistem syaraf di sekitar lengan kita yang tadinya macet langsung mengirimkan dan menerima informasi secara bertubi-tubi ke otak. Karena kecepatan pengiriman informasi itu, lengan kita merasakan sensasi kesemutan. Kesemutan itu akan mereda ketika informasi yang tertunda sebelumnya terkirim seluruhnya ke otak. Setelah itu, sistem syaraf kita di sekitar lengan akan kembali berproses rileks seperti biasanya.

Gambar: seringkesemutan.com

Tidak hanya sistem syaraf kita yang terhambat bekerja saat ada beban yang ditindih kepada anggota tubuh kita. Aliran darahpun juga terhambat. Sehingga saat beban diangkat, lengan kembali rileks tetapi aliran darah menjadi mengalir sambil mengirimkan persediaan oksigen yang dibutuhkan lengan kita yang tertindih tadi. Begitulah paresthesia terjadi.


Tetapi, tunggu dulu. Paresthesia biasanya tidak terjadi dalam durasi yang lama. Jika paresthesia terjadi dalam waktu yang panjang, itu bisa jadi menandakan kita sedang terkena penyakit tertentu seperti diabetes, stroke, gagal jantung hingga tumor. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan kita dengan pola makan yang baik dan olahraga yang teratur. Dan jadi intinya, kesemutan ini pun nggak ada hubungannya dengan barisan semut yang sedang menuju meja makan rumah kita. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html