Friday, February 03, 2017

Kenapa Internet di Indonesia Lambat?

Siapa sih yang nggak kesel saat kita lagi asyik nonton video di Youtube kemudian videonya buffering. Hal itu sebabnya bisa bermadam-macam, mulai dari koneksi yang tiba-tiba putus, kuota habis, atau koneksinya tidak putus maupun kuotanya masih banyak tetapi kecepatan internetnya lambat banget. Ini adalah masalah yang krusial bagi kita para netizen di Indonesia. Kenapa internet kita lambat seperti siput berjalan?

Jangan salahkan Pak Menteri atau menara provider seluler yang tidak cukup tinggi. Sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi lambatnya kecepatan internet di Indonesia.

Credit photo: windowsitpro.com

Menurut tayangan di kanal Kok bisa, internet adalah sebuah bisnis yang dibangun dengan membutuhkan infrastruktur yang banyak, rumit dan memerlukan kantong yang dalam untuk menjalankannya. Perusahaan yang bergerak pada bidang komunikasi internet juga harus menyediakan kabel fiber optik, membangun menara dan sebagainya untuk mendukung akses internet. Membangun infrasturktur membutuhkan uang yang banyak. Contohnya saja seperti  membangun jalan, jembatan, listrik dan lain-lain saja yang nyatanya lebih diperlukan masyarakat di Indonesia, anggaran negara kita saja lumayan “kecapekan”. Namun, bukan berarti pemerintahan negara kita mengabaikan kebutuhan internet kita, hanya saja, seperti rumah yang dibangun dengan uang yang seadanya, internet kita ya hanya disediakan seadanya saja. Oleh karena itu juga, harga kuota internet juga lumayan menguras kantong anak kos dan mahasiswa.

Faktor lainnya yang mempengaruhi adalah letak geografis negara kita. Indonesia adalah negara yang sangat luas. Geografis negara kita menjadi tantangan dalam membangun infrastruktur yang bisa mendukung lancarnya koneksi internet kita. Apalagi negara kita bentuknya kepulauan, berhutan rimba dan bergunung-gunung sehingga tidak mudah koneksi internet menyebar lancar di seluruh Indonesia.

Jadi sekarang kita sudah tahu kenapa internet kita lambat sekali bahkan buat kamu kesal saat Skype-an sama teman kamu di negara lain. Karena negara mereka lebih maju, lebih banyak uang dan juga tantangannya tidak seekstrim petualangan koneksi internet di Indonesia. Kita seharusnya bersyukur dengan koneksi internet yang sudah ada. Walaupun lambat, kita masih bisa mengakses internet dan menambah pengetahuan dari internet. Sekian dan terima kasih.


Oh, ya. Berapa speed internet di rumah kalian?

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html