Thursday, February 09, 2017

Kenapa Kita Cegukan?

Kita sering mengalami yang namanya cegukan. Dan kita biasa menanggulanginya dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan minum air, menahan napas selama sepuluh detik, minum air sambil menahan napas sepuluh detik yang mengakibatkan kita bisa terbatuk-batuk ataupun minum yang manis-manis seperti air gula atau madu. Namun, pernahkah terlintas dalam pikiranmu kenapa cegukan bisa terjadi?

Gambar: pinterest.com

Kata orang zaman dahulu, cegukan terjadi karena roh kita mau keluar dari tubuh kita. Kita yang masih kecil pada waktu itupun menganggapnya kebenaran yang mengerikan. Sehingga saat kita cegukan, kitapun otomatis menutup mulut kita agar roh kita tidak jadi berpindah dari tubuh kita. Nenek kita pun bilang kalau ada anak bayi yang cegukan itu tandanya si bayi mau bertambah besar atau bertambah tinggi. Namun, ketika kita sudah besar, kita tidak lagi bisa mempercayai hal-hal seperti itu karena kita semakin pintar dan semakin tahu.

Cegukan, atau istilah kedokterannya, singultus, terjadi karena adanya kontraksi yang kuat pada diafragma dengan otot pernapasan dan otot leher kita. Saat kontraksi ini terjadi, lidah bagian atas kita naik ke langit-langit mulut, lalu otot glotis juga ikut berkontraksi hingga terjadilah cegukan beserta bunyi hik-hik yang pada umumnya terjadi pada kita.

Dan mungkin saja bunyi hik-hik tersebut menjadi cikal bakal kosakata bahasa Inggris untuk cegukan, yaitu hiccups.

Mungkin dengan tulisan ini kita menjadi tahu bagaimana cegukan terjadi dan bagaimana cara penanggulangannya. Semoga ini berguna untuk kita semua, dan terima kasih.


0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html