Thursday, February 09, 2017

Kenapa Kita Bekerja 8 Jam Sehari?

Normalnya kita bekerja di tempat kita bekerja selama 8 jam sehari, dari jam 7 pagi atau jam 8 pagi hingga jam 4 atau jam 5 sore. Mengapa demikian? Kenapa 8 jam menjadi patokan kita bekerja? Dari mana asal usul ide seperti ini?

Gambar: freepik.com

Dahulu pada masa revolusi industri, para pemilik pabrik ingin mereka memproduksi barang dalam jumlah yang sangat banyak agar mereka mendapatkan keuntungan dan makin kaya raya. Hal ini menyebabkan para pekerja pabriknya dituntut untuk bekerja 10 hingga 16 jam per hari. Tentu saja para pekerjanya merasa sangat lelah sekali. Bukan hanya melelahkan, bahkan banyak pekerja yang tidak bisa menjaga kesehatannya dengan baik demi pekerjaan.

Karena jam kerja yang begitu melelahkan dan nyaris memakan waktu setengah hari kehidupan para pekerjanya dalam sehari, pada tanggal 1 Mei 1886 terjadilah protes yang digagas oleh organisasi buruh. Protes ini terjadi di Amerika Serikat dan para buruh menuntut agar waktu untuk bekerja diganti. Dari 24 jam dalam sehari, mereka menuntut 8 jam saja untuk bekerja, kemudian 8 jam untuk istirahat dan sisanya 8 jam untuk bersenang-senang atau sekedar berkumpul dengan keluarga bagi yang berkeluarga.

Walaupun telah terjadi demonstrasi besar-besaran pada masa itu, ternyata hanya perusahaan mobil Ford saja yang menggunakan waktu kerja 8 jam tersebut. Menurut tayangan di kanal Kok bisa, pekerja di perusahaan tersebut ternyata merasa lebih fleksibel dan produktif setelah 8 jam kerja itu diberlakukan. Tentu saja, hal ini mengakibatkan perusahaan Ford memiliki keuntungan yang besar. Melihat fenomena tersebut, perusahaan lainnya pun mulai meniru 8 jam kerja yang diberlakukan di perusahaan Ford tersebut.

Namun ternyata, masih juga ada perusahaan yang masih memberlakukan jam kerja yang lebih dari 8 jam perhari, seperti beberapa perusahaan di Jepang. Akibatnya, para pekerja yang bekerja lebih dari 8 jam perhari mengalami stres, tidak produktif dalam bekerja, dan tidak sempat mempunyai keturunan karena sibuk bekerja.


Sekarang kita menjadi tahu kenapa kita bekerja selama 8 jam sehari, dan ternyata ada kaitannya dengan hari buruh yang kita peringati setiap tanggal 1 Mei. Oleh karena itu, kita harus menggunakan waktu kita dalam sehari dengan baik dan membaginya dengan baik untuk bekerja, istirahat dan bersenang-senang (apakah itu untuk berkumpul dengan keluarga atau belajar atau berkumpul dengan orang sekomunitas). Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html