Friday, February 03, 2017

Benarkah Indonesia Dijajah 350 Tahun?

Pasti kita semua sudah tahu kalau negara kita, Indonesia, pernah dijajah Belanda. Apakah itu waktu kita belajar Sejarah di kelas atau dari pidato-pidato pembina upacara pada saat upacara 17 Agustus. Kata guru kita, buku-buku pelajaran Sejarah, maupun kata Presiden Soekarno dalam pidatonya sendiri pada tahun 1950, mengatakan bahwa Indonesia menjadi negara terjajah selama 350 tahun. Benarkah kita dijajah selama 350 tahun?

Credit photo: wikimedia.org

Menurut seorang ahli hukum sejarah kolonial, bangsa Belanda menggunakan pernyataan “kami telah menjajah Hindia Timur (nama populernya Indonesia dulu sebelum merdeka) selama 350 tahun” untuk mengembalikan kekuasaan yang sempat direbut bangsa Inggris yang menjajah Indonesia. Ya, ternyata yang menjajah Indonesia bukan hanya bangsa Belanda saja. Bangsa Inggris dan bangsa Jepang pun pernah menjajah negeri kita.

Kemudian, Belanda mencoba menanamkan anggapan bahwa Indonesia telah dijajah selama 350 tahun dalam kurikulum pendidikan pada masa kolonial dahulu, tepatnya sejak kedatangan Cornelius de Houtman ke Indonesia. Pernyataan itupun ditegaskan juga oleh gubernur pemerintahan Belanda di Hindia Timur pada tahun 1930an “Belanda telah menguasai Hindia selama lebih dari 300 tahun dan akan terus menguasainya sampai 300 tahun mendatang.” Padahal sebenarnya pada saat Cornelius de Houtman datang ke Indonesia hanya untuk membeli rempah-rempah. Ya, Indonesia saat itu merupakan daerah penghasil rempah-rempah terenak di dunia.

Kembali ke diskusi penjajahan Belanda ini, arti kata menjajah dalam KBBI adalah menguasai atau memerintah suatu daerah. Sementara itu, penjajahan baru terjadi saat VOC didirikan oleh pemerintahan Belanda di Indonesia pada tahun 1602. Jadi, jika kronologi penjajahan Belanda dimulai dari tahun 1602, kemudian direbut oleh bangsa Inggris pada tahun 1811, kemudian direbut kembali oleh Belanda pada tahun 1816, kemudian direbut bangsa Jepang pada tahun 1942 hingga 1945, maka sebenarnya Indonesia dijajah Belanda selama 343 tahun dan sisanya dijajah Inggris selama  5 tahun dan Jepang selama kurang lebih 2 tahun. Kemudian, Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya setelah mengalami masa penuh konflik, ketakutan, perjuangan yang panjang dengan darah hingga kita bisa merasakan kebebasan sebagai negara merdeka. Alhamdulillah.


Jadi sekarang kita sudah tahu bahwa Indonesia benar-benar dijajah 350 tahun dengan rincian siapa saja penjajahnya. Semoga informasi sejarah ini bisa berguna buat kita semua dan kita harus memperjuangkan kemerdekaan ini dengan menjadi bangsa yang cerdas. Terima kasih telah membaca artikel ini.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html