Saturday, February 11, 2017

Kenapa Kuliner Indonesia Enak?

Mungkin bagi kita, masakan yang biasa dibuat di rumah maupun di rumah makan itu biasa saja. Hal ini mungkin karena lidah kita sudah terbiasa mencicipi makanan Indonesia. Tapi tahukah kamu kalau kuliner Indonesia itu bukannya enak, melainkan enak banget. Bahkan rendang dan nasi goreng Indonesia tercatat sebagai kuliner terenak di dunia nomor satu dan dua versi CNN Travel. Tahukah kamu kenapa kuliner Indonesia enak banget?

Gambar: behance.net

Kalau kita memperhatikan saat nenek kita masak rendang, kita akan melihat betapa banyak bahan yang dijadikan bumbu begitu juga rempahnya. Mulai dari bawang, cabai, santan, buah pala, dan lain-lain dimasukkan ke dalam wajan sama nenek kita. Lalu, setelah selesai dimasak, kita mencicipinya dan rasanya enak sekali sampai ingin tambah dua kali. Inilah sebab pertama masakan Indonesia enak banget, yaitu banyak menggunakan bumbu atau istilahnya berani bumbu, dan banyak mengandung rempah-rempah.

Sejak dulu saat nenek moyang kita masih hidup, negeri kita terkenal sebagai Spices Island atau Kepulauan Rempah-rempah. Rempah-rempah yang lezat  menggoyang lidah ini terkenal ke seluruh dunia hingga membuat pedagang dari Tiongkok, sampai bule-bule Belanda berebut mencari rempah-rempah ke negeri kita.

Sebab kedua yang membuat masakan Indonesia enak banget ini adalah tata cara memasaknya yang unik untuk setiap masakan. Bahkan sebelum jurusan tataboga terdaftar di kampus kita, nenek kita sudah tahu bagaimana cara memasak rendang yang lezat, yang ternyata memakan waktu paling cepat 4 jam.

Selain itu, Indonesia juga secara geografis terletak sangat strategis. Hal ini menyebabkan banyak pedagang asing yang datang ke negeri kita, bahkan beranak pinak disini. Akibatnya, budaya lokal kita sengaja tak disengaja membaur dengan budaya orang pendatang, mulai dari pakaian sampai masakan. Oleh karena itu, kita bisa mencicipi berbagai macam masakan yang tidak hanya asli Indonesia, juga masakan yang aslinya berasal dari negeri orang seperti martabak, mie dan kue bolu.


Memang sudah seharusnya kita bangga sebagai bangsa Indonesia. Selain kuliner yang juara, budaya lokal kita pun sebenarnya sangat dikagumi bangsa lain. Sebagai generasi penerus bangsa, ada baiknya kita mengenal lagi budaya kita, jangan terus-terusan mengagumi budaya bangsa lain tapi nggak tahu dengan budaya sendiri. Bahasan ini mungkin membuat kita menjadi lapar, jadi selamat makan bagi yang sedang makan, dan terima kasih.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html