Saturday, February 11, 2017

Kenapa Posisi Setir Mobil Kita Sebelah Kanan?

Pada saat kita naik bus telolet, kita akan memperhatikan kalau supir duduknya di sebelah kanan. Ya, begitu juga pada mobil kita dan tetangga kita. Setir kemudinya ada di sebelah kanan. Kenapa demikian dan di negara lain sebaliknya?

Gambar: googleimages.com

Sebenarnya, tidak terlalu banyak negara yang menggunakan kemudi kanan. Justru 65% negara di dunia menggunakan kemudi di sebelah kiri. Sebab perbedaan posisi kemudi mobil ini adalah perbedaan posisi jalur di tiap-tiap negara. Jika suatu negara menggunakan jalur jalannya di sebelah kiri, maka posisi kemudi mobilnya tentu di sebelah kanan. Begitu juga sebaliknya. Jika suatu negara menggunakan jalur kanan sebagai tempat jalannya mobil, maka posisi kemudi mobilnya harus di sebelah kiri. Hal ini terjadi karena untuk mempermudah pengemudi mobil melihat ke depan. Jika jalur yang digunakan adalah jalur kiri dan posisi kemudinya juga di sebelah kiri, otomatis pengemudi akan kesulitan melihat ke depan karena ada bagian yang terhalang penglihatan sang pengemudi.

Pada zaman manusia masih menggunakan kereta kuda dulu, pengemudi kereta kuda di Perancis berada di posisi sebelah kiri, ya karena jalur yang mereka pakai untuk berjalan adalah jalur kanan. Hal ini memudahkan sang pengemudi kereta kuda untuk melihat ke depan dan menghindari kereta kuda lain yang sedang lewat dari arah berlawanan.

Setelah zaman revolusi, Perancis dan beberapa negara lainnya seperti Belanda dan Inggris mengadopsi jalur kereta kuda sebelah kiri. Tentu saja, kemudi kereta kuda hingga mobil pada zaman itupun berubah posisi menjadi di sebelah kanan. Di Indonesia sendiri, posisi kemudi ada di sebelah kanan karena budaya yang dibawa oleh penjajah, Belanda. Selain itu, mobil-mobil buatan Jepang yang laku di Indonesia pun menjadikan negara kita menggunakan setir sebelah kanan hingga sekarang.


Mungkin kita pernah melihat mobil berat yang mencantumkan tulisan “awas setir kiri” di bagian pintu. Itu dibuat untuk memberitahukan siapa saja yang sedang lewat atau berpapasan agar sedikit menjaga jarak dan berhati-hati jika sedang berada di dekatnya. Tidak hanya kepada mobil setir kiri, kitapun harus tetap berhati-hati dengan mobil biasa yang setir kanan apakah yang menyetir ugal-ugalan atau tidak. Tetap jaga keselamatan kita dalam berkendara dan terima kasih.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html