Thursday, February 02, 2017

Kenapa Lagu Bisa Terngiang Dalam Pikiran Kita?

Beberapa dari kita mungkin pernah mengalami hal yang tidak mengenakkan seperti terngiang-ngiang lagu alay, padahal kita tidak menyukainya. Terkadang hal itu membuat frustasi, karena lagu itu terngiang-ngiang dengan sendirinya tanpa diperintahkan dengan sadar. Bahkan ketika kita ingin melupakannya, justru jadinya malah makin terngiang.

Credit: guildwest.com

Tidak hanya lagu, hal lain bisa juga terngiang di kepala kita, seperti sepenggal dialog drama yang kita tonton dengan suara asli aktris atau aktornya, suara penyiar radio yang sering kita dengar atau malah suara kekasih yang membisikkan kata-kata cinta, sungguh romantis. Mengapa hal ini bisa terjadi pada kita, dan apakah ini hal yang normal?

Fenomena terngiang ini disebut juga ear worm dan ini adalah fenomena yang normal yang terjadi pada manusia karena 90% manusia pernah mengalaminya tiap minggu. Ear worm terjadi secara tidak sengaja didalam otak kita setelah telinga kita mengirimkan sinyal getaran ke otak setelah kita mendengar sesuatu. Misalnya saja seperti tetangga kosan kamu yang tiap hari memutar lagu alay dan mau tak mau kita mendengarnya. Dan akhirnya kita terkena ear worm lagu alay si tetangga kosan.

Seorang saintis bernama Elizabeth Margulis meneliti mengapa ear worm bisa terjadi. Walaupun hasil penelitiannya masih terus dikembangkan, beliau menyimpulkan fenomena ear worm ini ada hubungannya dengan saraf motorik cortex manusia yang ada di otak. Seperti halnya kita mendengar musik Mozart berulang-ulang, otak kita akan mengingatnya. Dan jika musik itu diperdengarkan kembali, otak kita dapat memprediksikan alunan musiknya karena otak kita sudah mengingatnya. Kemampuan otak kita yang seperti itu harus kita syukuri karena menunjukkan otak kita cerdas dan bekerja dengan baik.


Nah, lagu apa yang sedang terngiang-ngiang dalam pikiran kamu hari ini?

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html