Saturday, February 25, 2017

Benarkah Ramalan Zodiak Cocok Dengan Sifat Kita?

Diantara kita mungkin ada yang suka melihat ramalan horoskop, bahkan sampai follow akun atau pasang aplikasi ramalan horoskop supaya nggak ketinggalan setiap harinya. Tidak hanya itu, mungkin malah ada dari kita yang mencari pacar berdasarkan kecocokan zodiak. Kalau nggak cocok, main seenaknya diputusin aja. Mungkin ada juga teman kita yang suka membaca kepribadian orang hanya dengan menanyakan kapan tanggal lahirnya. Kemudian, ia langsung bisa membaca kepribadian seseorang berdasarkan zodiak si kawan. Tapi apa benar zodiak itu bisa menentukan sifat orang?

Seperti yang dijabarkan oleh Kokbisa, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan kalau sifat di horoskop bisa menentukan sifat manusia. Justru kita sebenarnya hanya merasa kalau yang dikatakan ramalan itu benar. Ya, hanya merasa kalau itu benar. Mengapa demikian?

Ternyata ini hanyalah efek barnum. Fenomena tersebut adalah fenomena dimana kita menganggap benar semua informasi yang kita terima khusus untuk kita. Misalnya, saat kita membaca horoskop di bagian kesehatan, disana disarankan untuk menjaga kesehatan karena minggu ini tubuhmu lebih rentan terhadap flu. Kita, sebagai orang yang paling tahu status kondisi tubuh kita, bisa jadi menganggapnya benar. Apalagi kita punya gejala-gejala flu disaat kita sedang membacanya. Padahal bisa saja tubuh kamu memang lagi lemah, bukan karena ramalan horoskopnya, tapi karena tidak istirahat yang cukup.

Sumber foto: www.vector-eps.com

Contoh lainnya, yaitu saat kita sedang membaca artikel-artikel zodiac sign yang lagi ngetrend sekarang. Disana dibilang kalau orang berzodiak Cancer kalau bangun tidur bukannya cepat mandi dan berangkat sekolah tapi malah balik badan dan tidur lagi sambil menggumam “5 menit lagi”, sedangkan orang berzodiak Virgo dikatakan sebagai orang yang teratur paling cepat bangun pagi dan bersiap untuk melakukan rutinitas harian. Kalau kita berzodiak Cancer dan memang memiliki sifat buruk susah bangun, kita tentu menganggapnya sebagai kebenaran. Padahal mungkin teman kita yang berzodiak Virgo malah lebih telat lagi bangunnya dari kita.

Jadi jangan heran kalau sifat orang bisa bertolak belakang dengan sifat “seharusnya” berdasarkan zodiak. Sebenarnya, apa yang dijabarkan horoskop belum tentu benar. Itu hanyalah anggapan kita saja, yang secara psikologis melekat pada kita dan didukung oleh kebetulan-kebetulan yang sedang terjadi di sekitar kita. Karena pada dasarnya, sifat manusia dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti genetik, fisik, keluarga, lingkungan, sosial dan budaya kita.

Sumber foto: www.vector-eps.com


Mengetahui sifat kita maupun orang lain berdasarkan zodiak, maupun masa depan dengan ramalan bintang memang seru. Tapi jangan pula dijadikan acuan, karena masa depan kita bukan ramalan bintang yang bentuk, melainkan kita sendiri. Sekian dulu dan terima kasih.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html