Thursday, February 02, 2017

Laki-laki Atau Perempuan Yang Lebih Banyak?

Populasi manusia di dunia ini bisa dikatakan hampir mencapai 7 miliar orang. Diantara 7 miliar itu ada yang laki-laki dan ada yang perempuan. Pernah terpikir nggak yang lebih banyak itu populasi laki-laki atau populasi perempuan? Mungkin beberapa dari kita pernah mendebatkannya dengan teman-teman kita atau justru malah guru atau dosen kita sendiri yang mengajak kita berdebat sebenarnya yang lebih banyak jumlahnya di dunia ini laki-laki atau perempuan, dan mengapa hal itu terjadi.
Credit: thetomatos.com

Sebenarnya alam semesta ini terus menyesuaikan dan menyeimbangkan diri. Baik dari keseimbangan alam itu sendiri maupun keseimbangan jumlah laki-laki dan perempuan di muka bumi. Hal ini juga dijelaskan dalam Fisher’s Principle bahwa rasio jenis kelamin dari kebanyakan spesies, tidak hanya manusia namun juga berlaku pada hewan, akan selalu memiliki tendensi untuk mencapai keseimbangan atau satu banding satu. Jadi kalaupun ada perbedaan dari jumlah laki-laki dan perempuan, mungkin bedanya tidak terlalu jauh.

Menurut penelitian PBB di tahun 2015, jumlah laki-laki ternyata lebih banyak dari jumlah perempuan dengan selisih 50 juta jiwa. Populasi laki-laki mencapai 3,477 miliar dan jumlah perempuan adalah 3,418 miliar di muka bumi ini. Secara alaminya, peluang kelahiran jenis kelamin laki-laki memang lebih besar daripada jenis kelamin perempuan. Namun, bayi laki-laki sangat rentan terhadap penyakit daripada bayi perempuan. Akan tetapi, jika orangtua bayinya dapat menjaga bayinya dengan baik, tentu saja tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan kecuali memang sudah ajalnya.

Perbedaan jumlah laki-laki dan perempuan itu tidak selalu sama, atau tidak selalu lebih banyak laki-lakinya, di negara-negara yang ada di dunia. Misalnya, di negara bekas jajahan atau negara yang sejarah kelamnya adalah berperang tentu saja jumlah laki-laki akan lebih sedikit dari jumlah perempuan karena harus berperang mengabdi kepada negaranya dan nyawa merekapun terancam.
Perbedaan jumlah laki-laki dan perempuan juga disebabkan oleh budaya setempat, seperti di daerah jazirah Arab, budaya disana memang lebih menginginkan anak laki-laki daripada anak perempuan karena dianggap bisa membawa garis keturunan baba-baba raja minyak yang ada disana. Oleh karena itu, jumlah laki-laki pun cenderung lebih banyak ketimbang jumlah perempuan.


Namun laki-laki atau perempuan yang masih jomblo jangan merasa khawatir setelah membaca tulisan ini, karena perbandingan jumlah laki-laki dan perempuan di Indonesia masih dalam hitungan seimbang. Jika memang kamu belum dapat jodoh di kampung atau kotamu, mungkin saja jodohmu ada di kota sebelah. Terima kasih telah membaca tulisan ini dan kalau ada yang ingin menambahkan, silakan tambahkan di kolom komentar dan jangan sungkan untuk membagikan pengetahuan ini kepada teman terdekatmu.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html