Thursday, February 02, 2017

Gimana Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris?

Bahasa Inggris merupakan bahasa asing bagi kita orang Indonesia. Bahasa Inggris telah digunakan berbagai negara sebagai bahasa untuk berkomunikasi antar bangsa. Walaupun sebenarnya bahasa Inggris bukanlah bahasa yang paling banyak dipakai orang-orang di dunia, namun bahasa inilah yang kemudian disepakati menjadi bahasa internasional. Rata-rata negara yang ada di dunia kemudian menjadikan pelajaran Bahasa Inggris menjadi bidang studi wajib maupun tambahan di sekolah-sekolah. Di Indonesia sendiri, misalnya, pelajaran Bahasa Inggris diperkenalkan sejak sekolah dasar sebagai pelajaran tambahan atau pelajaran muatan lokal. Selain itu, les bahasa Inggris juga menjamur dimana-mana dan anak-anak yang tertarik dengan bahasa Inggris mempelajarinya.

Credit: fotolia.com

Bagi kebanyakan orang biasa di Indonesia, bahasa Inggris adalah bahasa yang sulit. Mulai dari tatabahasa atau grammar-nya, tulisan dari kosakata bahasa Inggris yang tidak sinkron dengan cara pelafalannya, pengucapannya tidak semudah kata-kata dalam bahasa Indonesia, hingga beberapa aturan rumit yang tidak mudah untuk dihafal menjadi kendala dalam mempelajarinya. Pelajaran bahasa Inggris menjadi begitu rumit untuk dipelajari dan membuat para siswa di sekolah menjadi tertidur. Padahal bahasa ini nantinya akan sangat diperlukan untuk hal-hal karir, kuliah, atau hal lainnya. Bagaimana cara asyiknya belajar bahasa Inggris?

Credit foto: CanStockPhoto.com

Sebenarnya, cara asyik itu tergantung pribadi yang belajar juga. Beberapa siswa menerapkan beberapa metode yang membuat mereka asyik belajar bahasa Inggris, bahkan masih SD sekalipun mereka sudah lancar mengucapkan kosakata-kosakata dari bahasa Inggris. Salah satunya adalah dengan mendengar lagu berbahasa Inggris. Kita bisa mencari lirik lagunya kemudian mencari arti-arti kata dan makna kalimatnya sambil menikmati lagunya. Sayangnya, lagu barat didominasi dengan tema cinta-cintaan yang terkadang nilainya tidak begitu cocok dengan budaya Indonesia.

Credit foto: 123rf.com

Cara asyik lainnya bisa juga dengan menonton, apakah itu menonton film barat, drama, atau animasi yang di-dubbing atau ber-subtitle bahasa Inggris. Metode ini cukup menyenangkan, apalagi kalau kita menonton sesuatu yang kita sukai, misalnya anime bagi anak-anak dan remaja (dan juga orang dewasa yang suka anime). Kita bisa menikmati tontonan atau mengikuti jalan cerita Naruto sambil belajar bahasa Inggris. Namun, seperti lagu-lagu, tontonan terkadang tidak selalu memberikan nilai yang baik untuk anak-anak yang masih polos karena bisa saja yang mereka tangkap justru kata-kata tak pantas yang disebut swear words, dan kemudian dengan tidak sengaja mendemonstrasikannya di depan guru kelasnya.


Akan tetapi, tak ada salahnya mencoba dan menaikkan level bahasa Inggris kita dari level beginner hingga level intermediate atau malah berkembang pesat ke level advance dengan cara tersebut. Bagi yang ingin mengajarkan anak-anak SD nan polos dengan cara diatas bisa dengan tayangan yang lebih mendidik seperti tayangan televisi khusus anak-anak yang disajikan dalam bahasa Inggris. Semoga tulisan ini dapat memberikan pencerahan sekaligus membuat kita ingin terus belajar bahasa Inggris. Dan tidak lupa, terima kasih.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html