Thursday, February 09, 2017

Kenapa Bumi Bentuknya Bulat?

“Anak-anak, bumi itu bulat,” kata guru IPA kita dulu. Sebagian besar dari kita mungkin hanya akan ber-oh saja sambil menelan mentah-mentah kata guru dan isi buku cetak pelajaran kita. Namun pernahkah kamu benar-benar bertanya kenapa bumi itu harus bulat? Kenapa nggak heksagon saja biar keren?

Sebenarnya, bumi itu harus bulat berawal dari segala benda yang ada di alam semesta mempunyai massa dan benda yang mempunyai massa pasti memiliki gravitasi. Kita sendiri mempunyai massa dan gravitasi.

Gambar: clker.com

Dalam hukum gravitasi, massa akan menarik massa lainnya, bahkan menjadi menyatu, akibat dari tarikan gravitasi masing-masing benda. Pada awal penciptaan bumi, bermilyaran tahun yang lalu, debu luar angkasa saling tarik menarik satu sama lain, menyatu, menyatu dan menyatu terus hingga membentuk bulat dan solid. Proses saling tarik menarik tadi juga yang terjadi pada benda-benda langit lainnya seperti matahari, bulan, asteroid, komet dan lain-lain.

Yang menyebabkan bumi itu bulat adalah tarikan gravitasinya sendiri, dan gravitasinya sangat besar. Secara alamiah, bentuk bulat adalah bentuk yang efisien agar gaya gravitasi bisa menarik segala benda yang ada. Jika bentuknya bersegi seperi heksagon, kotak, maupun nggak jelas bentuknya seperti asteroid, maka ada bagian yang tidak sepenuhnya ditarik gaya gravitasi karena jauh atau tidak sama jaraknya dari pusat gravitasinya. Oleh karena itu, alami-alami saja jika bumi itu bentuknya bulat atau lebih tepatnya oblate spheroid.

Bumi pun sebenarnya tidak benar-benar bulat jika ditelusuri lebih dalam. Seperti kita, manusia, bumi memiliki sudut tertentu yang  memiliki gunung, bukit, lembah, danau bahkan palung terdalam yang dilapisi samudra, tetapi tetap saja, secara garis besarnya bumi itu bulat. Dan mengapa kita, manusia, tidak berbentuk bulat karena memiliki massa dan gravitasi? Kita tidak seperti itu karena massa dan gravitasi kita kecil. Sedangkan bumi, gaya gravitasinya sangat besar. Apakah kamu tahu mengapa bulan berkeliling mengitari bumi pada orbitnya? Karena bulan merespon gaya gravitasi dari bumi kita, dan itu artinya bumi memiliki gravitasi yang sangat, sangat, sangat besar.
Jadi, kalau kamu merasa ada seseorang yang selalu berada di sampingmu kemanapun kamu pergi, mungkin saja, dia terkena efek gravitasi dari kamu. Kalau kamu merespon gravitasinya, ya mungkin kalian memang jodoh yang tepat. Terima kasih telah capek-capek membaca. Semoga makin cerdas.


0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html