Thursday, August 17, 2017

Apa Itu “To Be”?

Buat yang familiar dengan Bahasa Inggris pasti sudah tahu apa itu “to be”. Ya, kalau ditanya apa itu “to be” pasti jawabannya nggak lain nggak bukan adalah is, am, dan are. Namun, apakah to be hanya itu saja? Apa sebenarnya “to be” itu?



To be adalah auxilary verb atau kata kerja bantu yang biasanya digunakan pada kalimat dalam bentuk nomina. Sebutan “to be” sebenarnya berasal dari bentuk dasar dari kata kerja bentuk to infinitivebe”. Kalau kita melihat kamus dan menemukan ada sebentuk tabel yang menunjukkan perubahan-perubahan kata kerja dalam Bahasa Inggris, kita akan melihat sederetan kata kerja dengan bentuk to infinitive seperti to finish, to buy, to eat, dan lain-lain. Salah satunya, mungkin di deretan paling atas letaknya sesuai urutan abjad, adalah to be sebagai to infinitive form, be sebagai simple form atau yang kita kenal dengan verb pertama, was dan were sebagai simple past form atau yang kita kenal dengan istilah verb kedua, dan been sebagai past participle atau kita kenal dengan istilah verb ketiga.




Auxilary verb to be digunakan pada kalimat-kalimat nomina, yaitu kalimat yang tidak mengandung kata kerja seperti memasak, mencuci, menjahit, berjalan, berlari, menangis dan lain-lain. To be digunakan bila objek di dalam kalimatnya adalah kata benda atau kata sifat. Selain itu, to be sering diartikan sebagai “adalah” dalam Bahasa Indonesia, dalam pengertian penunjuk identitas kata benda yang akan dijelaskan setelah to be.

To be dalam Bahasa Inggris terbagi atas dua jenis waktu. Dalam bentuk Present Tense, kita mengenal is, am, dan are sebagai to be. Dalam bentuk Past Tense, kita mengenal was dan were sebagai to be. Penggunaan to be dalam kalimat juga tergantung dengan subjek dalam kata ganti orang atau pronoun.

Contoh penggunaan
to be dalam bentuk kalimat nomina yang simpel adalah:

I am a student
Saya adalah seorang siswa

You are a teacher
Anda adalah seorang guru

They are
good friends
Mereka adalah teman yang baik

We are English students
Kita adalah siswa Bahasa Inggris

He is a professor
Dia adalah seorang guru besar

She is beautiful
Dia cantik

It is a cat
Itu adalah seekor kucing

Jika memperhatikan contoh diatas, a student, a teacher, good friends, English students, a professor dan a cat semuanya adalah kata benda yang menunjukkan identitas. Sedangkan  beautiful merupakan kata sifat. Selain itu contoh diatas juga merupakan contoh kalimat dalam simple present tense. Kita dapat melihat bila to be yang ada diantara subjek dan objek berupa kata benda dan kata sifat tersebut merupakan kata kerja bantu yang dapat melengkapi kalimat.

Lalu bagaimana dengan yang dalam bentuk past tense? Perhatikan contoh ini.

I was a kid
Saya adalah anak-anak
Maknanya: Sekarang sudah dewasa

You were young
Anda muda
Maknanya: Sekarang sudah tidak muda lagi

They were bad guys
Mereka adalah orang jahat
Maknanya: Sekarang bukan orang jahat lagi

We were stupid
Kita bodoh
Maknanya: Sekarang nggak bodoh lagi, udah banyak belajar

He was sick
Dia sakit
Maknanya: Sekarang dia sudah sembuh

She was here
Dia disini
Maknanya: Sekarang dia sudah pergi

It was fun
Itu menyenangkan
Maknanya: Kemarin menyenangkannya, sekarang sudah biasa saja

Jika kita perhatikan, a kid dan bad guys adalah kata benda. Kemudian, young, stupid, sick, dan nice adalah kata sifat. Yang terakhir, here adalah sebuah kata tunjuk yang berarti “disini”. Karena was dan were merupakan auxilary verbs untuk Past Tenses atau tenses masa lampau, maka makna kalimat yang dijelaskan dengan fakta yang sekarang adalah kebalikannya.

Fungsi to be bisa dikatakan mirip dengan fungsi verb atau kata kerja dalam kalimat. Sebuah kalimat utuh membutuhkan predikat. Dengan pola yang mirip dengan Bahasa Indonesia, subjek – predikat – objek, to be menjadi predikat dalam kalimat ketika kalimat itu tidak mengandung kata kerja atau verb. Oleh karena itu, to be menjadi auxilary verb atau kata kerja bantu dalam kalimat nomina berbahasa Inggris.



Bagaimana? Kira-kira sudah bisa membuat kalimat simpel dalam Bahasa Inggris menggunakan to be?

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html