Monday, January 27, 2014

Review: Udah Putusin Aja!

Judul: Udah Putusin Aja!
Penulis: Felix Y. Siauw
Visual: Emeralda Noor Achni
Penerbit: Penerbit Mizania
Tahun terbit: Februari 2013 (cetakan pertama)
Jumlah halaman: 180 halaman (full color)
ISBN: 978-602-9255-43-0
Testimonial:
Pacaran nggak buat kamu dewasa, tapi buat kamu beradegan dewasa.
@JayaYEA, founder YukBisnis.com
Buku ini solusi bagi mereka yang ingin menjemput jodoh dan masa depan yang cerah. Rekomen dah!
Ippho Santosa, penulis 7 Keajaiban Rezeki
Buku terkeren yang pernah saya baca. Lucu, seru, menyentuh, dan penuh ilmu! Wajib baca!
Oki Setiana Dewi, aktris Muslimah dan penulis

Sumber foto: udahputusinaja.blogspot.com

Dari tampilan cover-nya, buku ini jelas sepertinya cewek banget. Pink terang banget kayak spidol highlighter yang biasa dipakai buat menandai kalimat di catatan kita. Ngejreng banget gitu, lho. Akan tetapi, kalau dibaca ternyata nggak cuma untuk cewek aja. Sasaran buku ini juga cowok yang sama galaunya dengan cewek yang masih single tapi pengen berdua-duaan.

Awalnya, menurut saya buku ini hanyalah buku agama yang isinya hanya tulisan saja. Pasti akan membosankan jika dibaca apalagi isi kebanyakan buku nonfiksi cenderung serius. Ternyata, kenyataan dilapangan berbeda jauh. Saya awalnya tidak begitu memperhatikan saat Googling. Namun setelah buku fisiknya ada ditangan saya, di sampulnya tertulis dengan jelas “visual”. Dan setelah saya buka bukunya, buku ini justru penuh dengan ilustrasi dengan dominasi warna pink dan biru muda yang manis.

Ya, buku ini cewek banget. Mungkin karena sasaran utama buku ini adalah edukasi agama Islam untuk cewek tentang hubungan dan batasannya. Padahal, cowok juga direkomendasikan untuk membacanya.

Menurut saya, judul buku ini provokatif. Udah, Putusin Aja! Semacam mengajak-paksa orang yang membacanya untuk memutuskan hubungan dengan... entahlah, apa pacar, apa gebetan, atau TTM, atau hubungan tidak terdefinisi. Dan nyatanya, indeed, memang iya. Buku ini memang memaksa kita untuk mengerem perasaan yang menggebu-gebu terhadap lawan jenis yang belum halal dengan cara menyodorkan fakta-fakta akibat pacaran. Bagi saya pribadi, cara seperti ini tidak menggurui, tetapi memberikan pencerahan. Tapi, pendapat ini tergantung sama pembaca yang lain juga, ya.


Sedikit menerangkan soal isi buku ini—semoga tidak jadi spoiler bagi yang ingin membaca, buku ini mengulas tentang cinta sebagai fitrah manusia, salahkah kita merasakan jatuh cinta, pandangan Islam tentang pacaran, proses menjalin hubungan yang sesuai syariah bahkan bagaimana caranya move on. Buku ini juga disajikan dengan bahasa yang gaul dan gampang dimengerti anak remaja, khususnya yang sedang mencari jati diri dan belahan hati yang entah ada dimana.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html