Monday, July 10, 2017

Negara Tertua Di Dunia Yang Masih Ada Hingga Sekarang

Negara-negara yang kita tahu bisa jadi ternyata usianya masih sangat muda. Memang sebenarnya negara-negara yang ada di dunia sekarang ini merupakan negara yang terbentuk karena pecahnya kekaisaran, kerajaan atau kesultanan tertentu. Belum lagi negara-negara yang terbentuk akibat pecahnya Uni Soviet dan kemerdekaan yang diberikan oleh pemerintahan Commonwealth Inggris kepada negara persemakmurannya setelah Perang Dunia II. Kebanyakan negara yang kita tahu sekarang meraih kemerdekaannya sekitar tahun 1800an. Semuanya negara yang masih “muda”, apalagi Indonesia.

Namun, ternyata ada negara-negara yang sudah ada, merdeka, dan terbentuk berabad yang lalu. Lalu, negara-negara apa sajakah itu?

Menurut tayangan Seeker Daily, salah satu negara yang bisa dikatakan sebagai salah satu negara tertua di dunia adalah San Marino. San Marino adalah sebuah negara kecil yang terletak di pegunungan di Italia. Menurut sejarahnya, San Marino didirikan oleh seorang tukang batu yang melarikan diri dari penyiksaan dari kota tempat tinggal sebelumnya. Marinus pergi mendaki gunung dan membentuk komunitas dengan orang sekitarnya dan menyebarkan agama Kristen kepada orang-orang disana. Negara itu terbentuk pada tahun 301 Masehi, namun konstitusi negaranya baru terbentuk pada tahun 1600.

Bendera San Marino
Sumber: wikipedia.org

Peta lokasi San Marino
Sumber: Google Maps

Akan tetapi ada negara yang lebih tua lagi daripada San Marino. China terbentuk pada tahun 221 SM. Sebelumnya, China merupakan sekelompok suku-suku yang terbagi dalam 7 wilayah yang masing-masing dipimpin oleh dinasti yang berbeda. Setelah hampir 2000 tahun berperang antar suku, sebuah dinasti yang dipimpin oleh Kaisar Qin Shi Huang memenangkan peperangan dan menyatukan seluruh China dan membangun tembok perbatasan yang merupakan salah satu keajaiban dunia, The Great Wall. Nama China sebenarnya berasal dari nama kaisar pertamanya, yaitu Qin.

Peta China
Sumber: Google Maps

Peta Jepang
Sumber: Google Maps

Namun, ternyata Jepang jauh lebih tua lagi dari China. Negara ini menandai tahun pendiriannya pada tahun 660 SM. Menurut legendanya, Kaisar Jimmu menguasai provinsi paling kuat di Jepang dan diyakini sebagai keturunan Dewi Matahari dan menjadi leluhur keluarga kekaisaran pertama di Jepang. Akan tetapi, banyak juga yang meyakini bahwa Kaisar Jimmu hanyalah mitos dan negara ini resmi terbentuk 12 abad kemudiannya. Walaupun begitu, Jepang masih dikatakan sebagai negara tertua di dunia.

Beberapa negara juga menyatakan bahwa mereka meraih kemerdekaannya sekitar 500 tahun yang lalu. Pengecualian untuk Perancis, negara ini terbentuk pada tahun 843 Masehi. Begitu juga Denmark dan Austria yang terbentuk satu abad setelahnya, dan banyak negara Eropa lainnya. Ternyata, negara yang kita anggap sudah ada sejak zaman dulu kala tidaklah setua yang kita bayangkan!


Terima kasih telah membaca, jangan sungkan dibagikan ya.

0 comments:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html